Pemadaman Listrik Masih Ada Sampai Tahun Baru

Kantor PT. PLN (Persero) Wilayah NTB Area Bima. Foto: Dedi Irawan/Metromini


KOTA BIMA - Pemadaman listrik secara tiba-tiba dan lebih dari satu kali dalam sehari, tanpa didahului oleh pemberitahuan sebelumnya, beberapa hari terakhir ini menjadi sorotan warga yang berada di dalam area kerja PT. PLN Rayon Bima. 

(Baca: Pelanggan PLN di Kota Bima Keluhkan Listrik Sering Padam)

Terhambatnya aktifitas serta produktifitas warga akibat listrik padam menjadi persoalan tersendiri. Apalagi seringkali pemadaman listrik tersebut berimbas pada kerusakan barang-barang elektronik. Akibatnya, kerugian materil yang dialami seringkali menguras emosi warga. 

Tentu hal ini bisa saja dihindari jika ada jalinan komunikasi yang baik dari PT. PLN kepada pelanggannya. Baik itu mengenai kegiatan pemadaman yang akan dilakukan atau kendala-kendala apa saja yang tengah dihadapi oleh PT. PLN sebagai penyedia jasa, agar kedepannya masyarakat tidak lagi berburuk sangka, bahkan sampai memaki-maki BUMN yang mengurusi aspek kelistrikan di negeri ini.

Seperti dikutip dari website resmi PT. PLN,  hak konsumen pengguna listrik sudah diatur dalam Pasal 29 Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, yaitu:
Konsumen berhak untuk :
a. Mendapatkan pelayanan yang baik.
b. Mendapatkan tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik.
c. Memperoleh tenaga listrik yang menjadi haknya dengan harga yang wajar
d. Mendapatkan pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan tenaga listrik.
e. Mendapat ganti rugi apabila terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik  sesuai syarat yang diatur dalam perjanjian jual beli tenaga listrik.

Terkait dengan pemadaman listrik secara tiba-tiba belakangan ini, Metromini mencoba mengkonfirmasi ke pihak PT. PLN Rayon Bima.
Pihak Humas PT. PLN Rayon Bima, Rahmat Yuwanda mengatakan, adanya pemadaman listrik beberapa hari ini disebabkan karena faktor cuaca yang tidak mendukung. Sering terjadinya pohon tumbang karena angin kencang mengakibatkan kerusakan pada jaringan kabel listrik, Selain itu, kondisi mesin yang ada masih dalam proses perbaikan.

"Dalam bulan Desember ini kita masih ada pemadaman. Kemungkinan menjelang tahun baru pun masih ada pemadaman. Kami pun tetap siaga, pekerja kami di lapangan, saat ini sedang memantau pohon yang tinggi untuk dipotong karena berpotensi merusak kabel milik PLN yang ada di pinggir jalan," ujar Rahmat, Selasa  (6/12/2016) pagi. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item