Kelelawar, Salah Satu Sebab Padamnya Listrik di Sanggar

Wahyudin, Penanggung Jawab PLN Sub Ranting Sanggar. FOTO: Agus Gunawan (CR)/METROMINI
KABUPATEN BIMA – Keluhan pemadaman listrik yang sering terjadi di Kecamatan Sanggar kembali disampaikan warga.

Menurut pemilik usaha Play Station (PS), Gunawan mengaku, keadaan pemadaman seketika listrik sungguh mengancam usahanya. Ia berharap agar pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) di ranting Sanggar bisa menstabilkan keadaan ini.

“Yah kan kalau listrik sering mati seperti ini, tinggi rendah arus daya listrik dapat merusak usaha PS saya,” terang pemuda asal Kecamatan Sanggar itu, Senin (30/1/2017) kemarin.

Baca juga:

Isu pemadaman seketika listrik pun menjadi pembahasan yang hangat di Kecamatan Sanggar. Diantara mereka banyak yang menganggap bahwa keadaan listrik seperti ini dapat merusak alat elektronik yang dimiliki warga.

Sementara itu, Wahyudin, selaku Penanggung Jawab dari PLN Sub Ranting Sanggar menjelaskan, di Kecamatan Sanggar kendalanya adalah banyak kelelawar yang kena jaringan listrik. Dalam istilah kelistrikan ada yang namanya CO (Baca: pemutus atau pengaman).

Kejadian seperti belum lama ini di Desa Boro, kata dia, banyak kelelawar yang mengenai jaringan listrik. Dan kalau salah satu benda mengenai TM, maka CO akan putus.

“Yah, kalau kelelawar mengenai TM maka otomatis CO-nya putus,” ujar Wahyudin, di kantornya, Selasa (31/1/2017).

Menurutnya juga, kalau masalah arus listrik rendah, soal itu tidak ada yang bisa memprediksi.

“Intinya, kalau CO putus yang pasti arus tegangan akan rendah dengan tiba-tiba. Penyebabnya bisa karena kayu dan kelelawar yang mengenai arus listrik,” tutup dia. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item