Kepala Kemenag Kota, Plt. di Kemenag Kabupaten Bima

Kepala Kemenag Kota Bima, H. Syaril. FOTO: Yaman Jaya/METROMINI
KOTA BIMA - Saat ini, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima, Drs. H. Shyaril merangkap menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala di Kemenag Kabupaten Bima.

Kondisi ini, karena Kepala Kemenag Kabupaten Bima sebelumnya sudah pensiun. Oleh Kemenag Propinsi NTB, ditunjukkan Syahril sebagai Plt. Kepala di Kemenag Kabupaten Bima.

Syahril mengungkapkan, sejak enam bulan yang lalu, dirinya di SK-kan menjadi Plt. Kepala Kemenag Kabuapten Bima.

"Saya menjabat Plt Kemenag Kabupaten sudah berjalan enam bulan terhitung mulai 1 Agustus 2016 lalu," kata dia, di kantornya, Selasa, 31 Januari 2017

Baca juga:

Harusnya, kata dia, jabatan Plt hanya dua sampai Tiga Bulan saja. Namun, saat ini dia mengaku sudah hampir satu semester dirinya mengepalai dua kantor Kemenag di Bima.

Soal pengganti, Syahril mengaku belum mendapat kabar untuk yang menggantikannya di Kemenag Kabupaten Bima.

Diakuinya, jabatan Plt tentunya memiliki kewenangan yang terbatas. Seperti tidak bisa mengeluarkan SK mutasi untuk pegawai.

"Kewenangan jadi Plt. Kepala tentu terbatas. Kita tidak bisa langsung memutasi pegawai. Sesuai aturan yang ada, seorang Plt hanya bisa mengusulkan kepangkatan pejabat saja," tuturnya.

Syahril mengakui, menjadi kepala Kemenag bukan perkara mudah. Calon kepala, harus mengikuti seleksi tingkat provinsi, kemudian baru diputuskan di pusat.

Diterangkannya pula, menjadi Plt dan Kepala Kemenag Kabupaten dan Kota Bima tidak menghambat kinerja dua instansi tersebut. Sebab, Syahril mengaku selalu memantaunya.

"Sejauh ini di Kemenag Kota dan Kabupaten Bima masih berjalan normal. Dan menjadi kepala di dua kantor, saya kira tidak ada hambatan atas kinerja yang ada. Tentunya, semua program di Kemenag, saya akan terus memantaunya," tutup dia.

Kabar yang terendus, menurut staf di kantor Kemenag Kota Bima. Syahril menjadi Kepala Kemenag Kota Bima akan mendekati batasnya. Menurut staf tersebut, seorang Kepala di Kemenag hanya bisa selama 4 tahun saja.

"Pak Syahril akan selesai di Kota. Kemungkinan beliau yang akan definitif di Kemenag Kabupaten. Dan saat ini, untuk persiapan pengganti Pak Syahril di Kota, ada dua calon. Dan yang saya dengar salah satunya Ketua FKUB Kota Bima," terang ASN Kemenag yang enggan dituliskan namanya, belum lama ini kepada wartawan Metromini.

Sementara ini, untuk memastikan isu pencalonan Ketua FKUB Kota Bima, redaksi Metromini akan segera mengkonfirmasinya kepada yang bersangkutan. (RED)


Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item