Lebih Dekat dengan Habib Rizieq

Imam besar sekaligus Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), Ustadz Habib Rizieq. FOTO: http://rindurasul2.blogspot.co.id/GOOGLE
HISTORIA - Habib Rizieq, bernama lengkap Muhammad Rizieq Shihab, merupakan seorang tokoh Islam Indonesia. Beliau dikenal sebagai pemimpin organisasi Front Pembela Islam (FPI) yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1998.

Baca juga:

Beliau merupakan putra dari pasangan Habib Husein bin Muhammad Shihab dan ibunya Syarifah Sidah Alatas. Lahir di di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1965. Saat Rizieq berusia 11 bulan, ayah Beliau dipanggil oleh Allah SWT. Sejak saat itu, ia tidak dididik di pesantren.

Saat usia beliau menginjak empat tahun, Rizieq kecil sudah rajin mengaji di masjid-masjid. Ibunya bekerja sebagai penjahit pakaian serta perias pengantin. Ibu Habib Rizieq juga berperan sebagai bapak dalam kehidupannya.

Ibunya sangat mengutamakan dan memperhatikan pendidikan untuk Muhammad Rizieq Shihab. Pendidikan SMP dilanjutakan Rizieq di SMP Pejompongan, Jakarta Pusat. Namun karena jarak sekolah dengan rumahnya di Petamburan, Jakarta Pusat terlalu jauh. Beliau pun pindah ke sekolah yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

Selepas lulus SMA, Habib Rizieq meneruskan studinya di Arab Saudi. Muhammad Rizieq Shihab menyelesaikan studinya selama empat tahun dan mendapatkan predikat cum-laude dari Universitas Raja Saud. Sempat mengenyam pendidikan di Malaysia untuk mengambil S2, tetapi hanya bertahan setahun.

Front Pembela Islam (FPI) yang beliau deklarasikan menjadi organisasi yang cukup kontroversial. FPI kerap melakukan aksi-aksi "penertiban" (sweeping) terhadap kegiatan-kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat Islam.

Organisasi massa Islam yang berpusat di Jakarta ini mulai dikenal sejak terjadi Peristiwa Ketapang, Jakarta, 22 November 1998. Dalam bentrokan tersebut, sekitar 200 anggota massa FPI berhadapan dengan ratusan preman. Akibat bentrokan tersebut beberapa rumah warga dan rumah ibadah terbakar serta menewaskan sejumlah orang.

Habib Muhammad Rizieq Shihab, sempat divonis 1,5 tahun penjara pada 30 Oktober 2008. Beliau dinyatakan bersalah terkait penyerangan terhadap massa Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) pada peristiwa Insiden Monas 1 Juni.

Berikut biografi singkat beliau seperti dikutip dari Kompas, Rabu (4/6/2008)

Al Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 24 Agustus 1965
Orang tua : Habib Husein bin Muhammad Shihab dan ibunya Syarifah Sidah Alatas
Anak ke : ke 5 dari lima bersaudara
Istri : Syarifah
Anak : 7 orang

Pendidikan :
- Sekolah Islamic Village, Tangerang
- Diploma Bahasa Arab, Arab Saudi
- Sarjana Pendidikan Hukum Islam King of Saud University, Riyadh, Arab Saudi
- S2 Universitas Islam Internasional Antar Bangsa, Malaysia (Belum Selesai)

Latar belakang organisasi : Anggota Jami’at Kheir, organisasi tradisional di kalangan Arab Indonesia. (RED | KOMPAS.COM | WIKIPEDIA)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item