Pemkot Canangkan Program Pemberdayaan Waria

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Bantuan Sosial (Rebansos) Dinas Sosial Kota Bima, M. Jafar S. Sos. FOTO: Yaman Jaya/METROMINI
KOTA BIMA - Jumlah waria makin bertambah saja di Kota Bima. Untuk itu, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bima kembali mencanangkan program pemberdayaan waria.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Bantuan Sosial (Rebansos) Dinas Sosial Kota Bima, M. Jafar S. Sos mengatakan, pemberdayaan dimaksudkan agar para waria lebih mandiri, baik yang belum memiliki usaha dan yang telah mempunyai usaha ekonominya sehari-hari.

"Bagi waria yang sudah punya usaha, akan kami beri bantuan sehinga mereka bisa mengembangkan usahanya," ujar Jafar, di ruang kerjanya Jum'at (27/1/2017) pagi.

Program ini, kata dia, sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. Hanya saja, pihaknya akan melaksanakannya lagi di tahun ini, mengingat jumlah waria yang terus bertambah.

"Kalau sudah ada kegiatan atau kerjaan, mereka tidak akan berkeliaran baik di malam maupun siang hari," tuturnya.

Rencananya, program akan dimulai pada pertengahan tahun ini. Saat ini, sambung dia, pihak Dinas Sosial masih melakukan pendataan jumlah detail waria yang ada di Kota Bima.

"Sekarang sudah 100 waria yang terdata. Dan dari 100 orang ini, akan diverifikasi apakah sudah memiliki usaha atau tidak," ungkapnya.

Diterangkannya, bagi setiap orang (Baca: waria), akan menerima bantuan sebesar Rp5 juta/orang sebagai modal awal. Dia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha.

“Harapannya, para penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak menyusahkan orang lain,” tutup dia. (RED | ADV)

Baca juga: Lomba Teater Gong 96, Lukisan Kehidupan Dalam Lakon

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item