UPTD Dikbudpora Bangun Pendidikan Berkarakter di Sanggar

Kepala UPTD Dikbudpora Kabupaten Bima, Drs. H. Abas. FOTO: Agus Gunawan/METROMINI


KABUPATEN BIMA - Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima, Drs. H. Abas mengungkapkan pentingkan pendidikan berkarakter yang ada di sekolah.

"Baik siswa dan terutama guru hingga kepala sekolah harus meningkatkan sikap disiplin dan memiliki etos belajar dan semangat yang tinggi," ujar H. Abas, di ruangan kerjanya, di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Senin (13/2/2017).

Baca juga:

Ia mengatakan, keberadaan UPTD sebagai wakil Dinas di tiap Kecamatan, khusus di Kecamatan Sanggar, hal pertama yang dilakukan adalah membangun pendidikan berkarakter. Maksudnya, integritas dan sikap disiplin tenaga pengajar di sini akan menjadi program utama UPTD dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Sanggar.

 "Khususnya di Kecamatan Sanggar, yang pertama kami lakukan akan menekan kepada semua sekolah-sekolah untuk membangun pendidikan berkarakter. Karena kondisi di Sanggar, wajah pendidikan di sini memprihatinkan," kata dia.

Untuk itu, Abas bersama beberapa staf di UPTD akan segera turun ke sekolah-sekolah dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi program pendidikan berkarakter ini. Apalagi, ada informasi yang masuk di salah satu sekolah, pimpinannya absen selama seminggu tanpa keterangan yang jelas.

"Untuk melihat kondisi sekolah di bawah, dalam waktu dekat kami akan turun memonitoring ke tiap sekolah," janji dia.

Ditambahkannya, seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap mengikuti perlombaan apapun, siswa di Sanggar adalah putera-puteri yang membanggakan. Berbagai prestasi ditoreh anak-anak Sanggar.

"Contohnya, pada tahun 2016 lalu, saat mengikuti lomba gerak jalan tingkat Kabupaten Bima, Kecamatan Sanggar meraih peringkat pertama. Pada lomba olimpiade sains, siswa asal Sanggar meraih juara kedua. Dan siswa ini juga diutus ke tingkat propinsi kemarin," sebut Abas.

"Bukan hanya itu, di tahun kemarin mendapat juara terbaik dalam lomba pembina upacara di tingkat Kabupaten Bima. Dan pada pokoknya banyak prestasi yang diraih oleh siswa-siswa yang ada di tiap sekolah yang tersebar di Kecamatan Sanggar ini," kata dia menambahkan.

Dia berharap, prestasi yang sama pula diraih Kecamatan Sanggar di tahun 2017 ini. Proses pembinaan dan latihan berbagai macam lomba kerap dilakukan  di masing-masing tiap sekolah.

"Harapannya berbagai perlombaan baik di tingkat kabupaten hingga nasional, pelajar asal Kecamatan Sanggar bisa menorehkan keharuman kembali untuk Kecamatan Sanggar  seperti tahun sebelumnya. Dan kami di tahun ini juga, akan mengikuti lomba pencak silat untuk tingkat Kabupaten Bima," ungkap Abas kepada Metromini.
\
Untuk itu, dia pun sangat mengharapkan adanya dukungan dari berbagai kalangan khususnya pemerintah daerah, agar bisa melihat dan memperbaiki keadaan bangunan dan infrastruktur bangunan yang ada di Kecamatan Sanggar ini. (RED | ADV)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item