Variatifnya Harga Cabai di Petani

Ilustrasi cabai rawit. FOTO: vemale.com/GOOGLE 
JAKARTA - Pergerakan harga cabai rawit merah di kalangan petani masih sangat beragam. Harga cabai diriwayatkan masih berada di nominal Rp102.000 per kilogram di wilayah Kediri dan harga terendahnya masih dipegang Kolaka dengan nominal Rp18.000 per kilogram. Sedangkan harga yang di berikan oleh petani cabai di Nusa Tenggara Barat (NTB) Rp20.000 per kilogramnya.

Baca juga: WN China Tanam Cabai Berbahaya di Bogor, Yusril: itu Infiltrasi

Berdasarkan data yang di terima oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Rabu (1/2/1017) kemarin, nominal harga cabai yang tertinggi masih berada di daerah Jawa.

“Harga yang beragam dengan nominal nilai harga cabai yang diberikan kalangan petani ke pasar untuk daerah jawa masih terbilang mahal,” ujar Yunani, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Rabu kemarin, dikutip kompas.com.

Kata dia, untuk cabai keriting, cabai merah besar masih berada di bawah harga cabai rawit merah. Yanurdi menambahkan, masyarakat Indonesia sangatlah menyenangi masakan yang mempunyai cita rasa kuliner yang pedas dan cukup selektif soal cabai.

“Untuk penyaji kuliner, tidak perlu mengkhawatirkan selera konsumen yang beragam. Karena untuk mendapatkan hasil masakan yang pedas masih bisa mencampurkannya dengan jenis cabai lainnya,” tutur Yunani. (RED | KOMPAS.COM)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item