Dua Dusun di Desa Boro-Sanggar, Terkena Dampak Banjir Hari ini

Kondisi air pegunungan yang masuk ke wilayah pemukiman warga dari musibah banjir yang terjadi di Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Senin (18/12/2017). METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Seorang warga asal Kecamatan Sanggar A. Gunawan mengungkapkan, Senin, 18 Desember 2017 sekitar pukul 17:50 WITA terjadi banjir yang melanda Dusun Tanju dan Dusun Loka, Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. 

Kata dia, banjir diperkirakan akibat curah hujan yang cukup tinggi dalam kurun waktu dua jam lamanya. Keadaan banjir yang terjadi pada dua dusun tersebut, terjadi genangan ketinggian air setinggi 30 cm atau seukuran paha orang dewasa dari permukaan tanah.

Ia menceritakan, sekitar pukul 17:30 WITA atau sore hari tadi, hujan mulai turun yang disertai petir. Keadaan kabut hitam yang cukup tebal menjelang malam hari dan curah hujan yang cukup deras melanda wilayah Kecamatan Sanggar kurang lebih dalam waktu 2 jam tanpa henti. Akibatnya, keadaan ini mengakibatkan banjir yang datang dari ait pegunungan di sebagian wilayah Kecamatan Sanggar.

Kondisi air pegunungan yang masuk ke wilayah pemukiman warga dari musibah banjir yang terjadi di Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima, Senin (18/12/2017). METROMINI/Dok
Kata dia, sekitar pukul 20:30 WITA, kondisi hujan mulai reda. Namun, dengan tiba-tiba air banjir datang dan melanda Dusun Tanju dan sekitarnya yang adai di Desa Boro. 

"Air pegunungan yang mengalir ke pemukiman warga disertai lumpur setinggi lutut orang dewasa. Dan seluruh lahan pertanian yang ada di Desa Boro diperkirakan rusak dan hancur akibat hantaman banjir. Sementara, sebagian besar rumah masyarakat yang terkena banjir dan lumpur ini diperkirakan akibat dari air pegunungan yang kondisinya memang sudah gundul akibat dibabat," tuturnya, Senin (18/12/2017).

Dia menambahkan, sekitar pukul 20:WITA kondisi air banjir mulai surut dan hujan pun telah reda. Saat ini, aktifitas masyarakat mulai normal kembali. Dari musibah ini, tidak ada korban jiwa dan dan malam ini situasi di Desa Boro dalam keadaan aman dan terkendali.

"Akibat banjir ini, kawasan pemukiman warga Dusun Tanju yang terkena dampaknya di RT. 06 dan RT 07, RW 03, Desa Boro. Hanya sebagian rumah warga yang terkena dampak banjir ini. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," tutup Gunawan. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item