Minta Batu di Gunung Diamankan pihak Pemda, Warga Baralau Blokir Jalan


Warga Desa Baralau, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima melakukan pemblokiran jalan, Selasa (19/12/2017). METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA -  Seorang warga, Amrin yang mengabdi di kantor Pemerintah Kecamatan Woha menyebutkan, Selasa, 19 Desember 2017, sekitar pukul 13.30 WITA, siang tadi, di Desa Baralau, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, sekitar 50 orang warga melakukan aksi blokir jalan. 

"Aksi ini sebagai respon atas jatuhnya korban jiwa pada bencana longsor batu pada tanggal 24 November 2017, di Desa Baralau. Pada longsor yang menimpa keluarga Suhardin mengakibatkan anaknya Almarhumah Endang Widiawati meninggal dunia," ujar Amrin, Selasa sore tadi.


Dia mengungkapkan, warga Desa Baralau dalam aksi blokir jalan ini, meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima memperhatikan nasib dan keselamatan warga di Desa Baralau. Sebab, dikuatirkan batu yang masih berada di atas bukit akan longsor dan menimpa rumah warga yang lain.

"Pihak warga berharap Pemda Kabupaten Bima melakukan upaya untuk memindahkan batu yang masih rawan longsor dan mengancam pemukiman penduduk di Desa Baralau," tandasnya.

Warga Desa Baralau, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima saat membuka pemblokiran jalan yang terjadi di desanya, Selasa (19/12/2017). METROMINI/Dok
Kata dia, aksi blokir jalan oleh warga ini pun direspon pihak Kapolsek Monta, IPTU Edy Prayitno. Kapolsek yang tiba di TKP berupaya melakukan negosiasi dengan warga dan meminta warga agar membuka blokir jalan.

"Kapolsek Monta hadir di Desa Baralau dan meminta blokir jalan dibuka karena membuat arus lalu lintas macet total dan tentunya kondisi ini mengganggu pengguna jalan lainnya," ucap dia.

Terkait tuntutan warga, lanjut Amrin, unsur Muspika Kecamatan Monta akan berupaya melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab Bima. Hal lainnya pun, sambung dia, pihak Muspika mengajak perwakilan warga Desa Baralau bersama-sama dengan menghadap ke PemKab Bima untuk meminta bantuan agar batu yang berada diatas bukit segera dipindahkan.

"Setelah setelah mendapat penjelasan dari Kapolsek Monta, warga akhirnya membuka blokir jalan dan arus lalu lintas kembali lancar," tutup dia. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item