Peringatan Hari HAM dan Hari Anti Korupsi di Bima Berujung Chaos

"SMI Bima, LMND Bima, BEM STISIP, BEM STIE dan HIMDOS Gelar Aksi Serentak"

Aksi Mahasiswa HIMDOS di depan kantor Bupati Bima, Senin (11/12//2017) METROMINI/Azhar
KOTA BIMA - Senin, 11 Desember 2017, berbagai elemen mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di berbagai titik yang ada di Kota Bima. Sederet elemen mahasiswa yang memperingati hari Hak Asasi Manusia (10 Desember) dan Hari Anti Korupsi (9 Desember) berujung dengan chaos atau bentrokan.

Info yang dihimpun di lapangan hari ini. Setidaknya ada 5 elemen pergerakan yang menggelar aksinya pagi tadi. Jajaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STISIP Mbojo Bima menggelar aksi di kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Bima sementara ada Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Cabang Bima dan di luar front akasi BEM STIE Bima menggelar peringatan Hari HAM di depan kantor Wali Kota Bima. 

Aksi BEM STISIP Bima di Distanbun Kabupaten Bima, Senin (11/12//2017) METROMINI/Azhar
Di sisi lain, ada dua elemen organisasi ekstra kampus yang menggelar aksi di depan kantor Bupati Bima, di Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota, Kota Bima. Dua organisasi ini adalah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) eksekutif Kota Bima yang menyorot soal korupsi yang terjadi. 

Sementara, organisasi Himpunan Mahasiswa Donggo Soromandi (HIMDOS) menyorot soal pembalakan liar di Kecamatan Donggo dan kelangkaan pupuk yang dirasakan petani saat ini.

Dua titik aksi yang terletak di kantor Distanbun dan depan kantor Pemerintah Kabupaten Bima mengalami chaos antara massa aksi dengan aparat. Jika di kantor Distanbun, puluhan mahasiswa STISIP terlibat aksi chaos dengan pegawai kantor setempat. 

Korban akibat bentrokan yang terjadi antara mahasiswa STISIP dan pegawai di Distanbun Kabupaten Bima, Senin (11/12//2017) METROMINI/Azhar
Sementara, di depan kantor Pemkab Bima, anggota Himdos sempat bersitegang dengan aparat Kepolisian yang menjaga berlangsungnya aksi tersebut.

"Aksi di Kota Bima untuk momentum peringatan hari HAM da n Hari Anti Korupsi  berbagai elemen mahasiswa seperti BEM dari STISIP dan STIE, LMND, HIMDOS dan SMI menggelar aksi yang bersamaan dengan titik yang berbeda," ujar Azhar, seorang pewarta yang mengawal jalannya aksi di Kota Bima hari ini.

"Ada dua lokasi chaos yang terjadi. Massa dari Himdos di depan kantor Bupati. Dan yang terparah adalah mahasiswa STISIP yang chaos dengan pegawai di kantor Distanbun Kabupaten Bima. Setidaknya ada 4 mahasiswa yang terluka dalam insiden tersebut," tambahnya. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item