Vatin Diberhentikan dengan Hormat dan Tak Dapat Jaminan Pensiun

Surat dari BKPSDM Kota Bima yang dilayangkan kepada Vatin Ade Pranita. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, Drs. H. Supratman menjelaskan, usulan permintaan pensiun dini atau mengundurkan diri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) atas nama Vatin Ade Pranita, Perawat Penyelia Golongan III/C yang diajukan pada tanggal 4 November 2017 lalu.

Diketahui sebelumnya, Vatin merupakan ASN di Kota Bima yang mengabdi menjadi perawat di Polindes Kelurahan Paruga, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima yang diduga kuat selama bertahun-tahun sengaja meninggalkan tanggungjawab kedinasannya.

Baca: Vatin, Istri Cengsi, ASN Bolos Kerja Tahunan, Hobinya Belanja Keluar Negeri

Supratman menegaskan, pihaknya memberhentikan Vatin atas usulan pengunduran dirinya. Namun, sesuai degan ketentuan yang berlaku. Di mana yang bersangkutan belum memenuhi syarat bahwa ASN yang mengundurkan diri mencapai umur 50 tahun atau masa kerja 20 tahun.

"Dan dijelaskan dalam pasal 91 ayat 2 huruf B UU Nomor 5 Tahun 2014 bahwa PNS diberikan jaminan pensiun atas permintaan sendiri dengan usia dan masa kerja tertentu," jelasnya, Selasa, 19 Desember 2017.

Supratman merinci, yang dimaksud dengan usia dan masa kerja tertentu. Sebagaimana diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2011, ketentuan Pasal 305 Huruf B diterangkan usia PNS adalah 45 tahun dan masa kerja 20 tahun.

Sementara itu, lanjut dia, Vatin Ade Pranita dalam pengajuan pengunduran dirinya tidak memenuhi syarat sebagaimana ketentuan yang disebutkan tadi.

"Vatin lahir 6 Januari 1976 yang artinya saat ini berusia 41 tahun 10 bulan. Sehingga tidak mencapai 45 tahun atau masa bakti selama 20 tahun," ucapnya/

Dia menegaskan, dengan kondisi tersebut. Vatin saat ini posisinya diberhentikan dengan hormat atas permintaannya sendiri dan tidak berhak mendapat jaminan atau gaji selama masa pensiun. 

"Selanjutnya, proses pemberhentiannya akan diterbitkan surat yang akan ditandatangani oleh Wali Kota Bima dalam waktu dekat ini," papar mantan  Sekretaris DPRD Kota Bima itu. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item