Warga: Tiap Tahun Desa Monggo-Madapangga Selalu Jadi Langganan Banjir

Kondisi banjir yang terjadi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Rabu (20/12/2017) lalu. GOOGLE/www.indikatorbima.com
KABUPATEN BIMA -  Puluhan rumah di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima dilanda banjir bandang, Rabu, 20 Desember 2017 lalu. Banjir yang diakibatkannya meluapnya air lantaran hujan deras yang terjadi Rabu lalu menenggelamkan rumah warga yang adai di Desa tersebut.

Dilansir dari www.indikatorbima.com diwartakan, hujan deras sejak Selasa (19/12/2017) sore lalu atau sekitar pukul 16.30 WITA hingga malam harinya, menyebabkan air di Sori (Sungai) Mpangi meluap. Menurut pengakuan warga, banjir yang melanda Desa yang berjumlah 17 RT tersebut ketinggian air mencapai 150 CM. 

"Rata-rata rumah yang terendam banjir yang terletak di sepanjang pinggiran sungai (Sori) Mpangi yang meluarp. Ada sekitar puluhan  rumah yang tenggelam dan ketingian air mencapai 150 CM," ujar Hamid, Kamis kemarin. 

Hamid mengaku, dari bencana banjir ini, warga yang memiliki rumah didekat bantaran sungai mengalami kerugian yang cukup besar. Dan kondisi bencana ini, terpaksa dari beberapa korban mengungsi ke rumah sanak keluarga yang ada di Madapangga.

"Sumber air ini diperkirakan berasal dari wilayah pegunungan yang kian gundul kondisinya. Dari dampak banjir ini, ada juga yang sampai jebol tembok rumahnya. Saat ini, warga atau korban yang rusak rumahnya tersebut tinggal di Polindes yang ada di Desa Monggo," ucap dia.

Sementara itu, warga lainnya, Amirudin mengaku bahwa setiap tahun pada musim hujan Desa Monggo selalu menjadi langganan banjir. Banjir yang melanda di tiap tahunnya ini, sungguh mengganggu aktivitas pada lembaga pendidikan yang ada seperti pada MIS dan SDN Monggo yang ada di Monggo. Akibatnya, aktivitas belajar mengajar di sekolah menjadi terganggu. 

"Banjir ini sebenarnya setiap tahun melanda Desa Monggo saat musim penghujan tiba. Dan SDN di Monggo selalu terganggu aktivitas belajarnya saat banjir melanda. Bahkan, tembok sekolah selalu diperbaiki di tiap tahunnya akibat diterjang arus banjir ini," ungkap Amir.

Kondisi banjir di Monggo, lanjut dia, sudah terbilang dalam kondisi yang kritis. Sebab, banjit selalu melanda di tiap tahunnya. Dalam menangani masalah banjir ini, menurutnya, harus ditanggapi dengan serius dan segera dilakukan langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah.

"Pemerintah harus peka dan responsif dalam menangani banjir yang melanda Desa Monggo dan kerap terjadi tiap tahunnya ini. Langkah strategis ini diperlukan segera, agar tahun depan Monggo tak lagi menjadi desa yang selalu menjadi langganan banjir di tiap tahunnya," terang mahasiswa pasca sarjana di UMS, Jawa Tengah itu. (RED | WWW.INDIKATORBIMA.COM)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item