Aksi Posko Menangkan Pancasila, Ungkap Camat Rastim Bawa Pupuk Subsidi 8 Sak dengan Mobdis

Aksi posko menangkan pancasila di Cabang Talabiu, Kabupaten Bima, Rabu, 10 Januari 2018. METROMINI/Dok 

KABUPATEN BIMA -  Posko menangkan Pancasila yang dihuni oleh kader Partai Rakyat Demokratik (PRD ), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokratik (LMND ), Serikat Tani Nasional (STN) menggelar aksi unjuk rasa di perempatan Desa Talabiu, Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Rabu, 10 Januari 2018 kemarin. 

Aksi itu dikordinatori oleh Abdul Syahid dan berjumlah puluhan orang. Dalam aksinya Syahid mengaku, ada beberada isu dan tunturan Posko Menangkan Pancasila terkait dengan masalah yang ada di Kabupaten Bima.

"Kami meminta Pemerintah Kabupaten Bima segera mengatur distribusikan pupuk subsidi terhadap petani yang adil, proporsional dan meningkatkan bentuk pengawasan terhadap distributor dan pengecer," ujar dia.

Jika ditemukan masalah dalam hal distribusi pupuk ini, menurut dia, baik masalah kelangkaan dan melonjaknya harga pupu, pemda harus mencabut SK Perijinan bagi pengecer yang menjual pupuk subsidi diatas harga HET.

Ia menambahkan, hapus sistim penjualan paket pupuk subsidi dan non subsidi. Selain itu, aksi tersebut pun menolak kehadiran Alfamart di wilayah Kabupaten Bima dan jalankan programkan pembinaan dan pemberdayaan terhadap pedagang tradisional .

Mobil dinas (Mobdis) EA 47 S yang ditahan pendemo dan ditemukan memuat pupuk bersubsidi di Cabang Talabiu, Kabupaten Bima, Rabu (10/1/2018). METROMINI/Dok
Aksi yang dikawal oleh aparat kepolisian itu ditanggapi oleh pihak Pemerintah Kecamatan Waoha. Pasalnya, Sekretari Camat yang hadir di tengah massa aksi melakukan pertemuan bersama massa aksi. Dalam pertemuan itu. Perwakilan massa aksi yang diwakili oleh Zego mengharapkan agar dinas terkait, khusus masalah pupuk dapat melakukan pertemuan bersama. 

"Dinas harus membuat kesepakatan hitam di atas putih dengan distributor (Ibrahim Sila) terkait beberapa hal yang menjadi catatan masalah pupuk di Kabupaten Bima. Selain itu, Bupati melalui Kepala Dinas Perijinan agar mengevaluasi kembali ijin dihadirkannya Alfamart di Kabupaten Bima," tandas pengurus PRD Kabupaten Bima itu.

Sementara itu, salah satu kesimpulan yang disepakati pasca pertemuan Sekcam dan massa aksi. Kamis (hari ini-red) digelar bersama pertemuan dengan Kepala Dinas tehnis terkait maslaah kelangkaan pupuk dan juga diberikannya ijin Alfamart yang sudah dikeluarkan untuk beroperasi di Desa Rasabou dan Desa Rato, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. 

Mobdis Camat Rastim Ditahan dan Ditemukan Pupuk Bersubsidi 8 Sak

Camat Rastim dan mobil dinasnya dengan nopol EA 47 S yang ditahan pendemo dan ditemukan memuat pupuk bersubsidi di Cabang Talabiu, Kabupaten Bima, Rabu (10/1/2018). METROMINI/Dok
Kemarin siang, di tengah berlangsungnya aksi Posko Menangkan Pancasila. Massa pun sempat menahan mobil tanki yang memuat bahan bakar dengan nomor polisi EA 8658 B. Namun, aksi penyanderaan tersebut tak berlangsung lama. Sekitar 10 menit kemudian, setelah diberikan pemahaman oleh aparat kepolisian, massa pun melepas mobil tangki tersebut.

Namun, tak lama kemudian. Massa yang menahan mobil dinas (mobdis) atau mobil berplat merah dengan nomor polisi EA 47 S milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yang membawa pupuk  bersubsidi sebanyak 8 sak. Menurut Delian Lubis, di dalam mobdis tersebut, yang membawa pupuk subsidi tersebut adalah Camat Rasanae Timur bersama supirnya.

Pupuk yang ditemukan dalam mobil dinas Camat Rasanae Timur. METROMINI/Dok
Kata Lubis, mobil dinas milik Camat Rasanae Timur (Rastim), Kota Bima itu memuat pupuk bersubsidi untuk keperluan padi pada sawahnya yang ada di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima.

"Karena ditahan dan ditemukan 8 sak pupuk bersubsidi dalam mobil dinas. Dan Camat Rasanae Timur juga ada di dalam mobil dan supirnya. Akhirnya, mobil tersebut digelandang ke Polres Bima untuk diperiksa lebih lanjut oleh penyidik Reksrim unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter)," ungkap Lubis, seorang pentolan Posko Menangkan Pancasila di Kabupaten Bima itu.

Sementara, pihak Pemkot Bima dan juga Polres Bima terkait dengan dugaan penyalahgunaan mobil dinas untuk kepentingan pribadi Camat Rasanae Timur, Kota Bima masih dikonfirmasi lanjut terkait pemberitaan ini. (RED)



Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item