Beberapa Desa di Kecamatan Belo Terendam Banjir, Kades Ngali: Banjir ini yang Terbesar


Kondisi banjir yang merendam rumah warga di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Sabtu, 13 Januari 2018. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Bencana banjir bandang kembali melanda beberapa desa di Kabupaten  Bima, Sabtu, 13 Januari 2018. Dalam grup WhatsApp Siaga Bencana NTB, Dandim 1608 Bima, Yudi Hendro mengungkapkan, banjir bandang yang melanda hari ini terjadi di Desa Soki, Kecamtan Belo, Kabupaten Bima. 

"Kronologis kejadian disebabkan oleh hujan deras sekitar pukul 15.00 WITA hingga malam. Sehingga DAM Ncera tidak bisa lagi menampung air dan meluap sampai ke pemukiman warga," tulis Yudi, malam ini.

Kata dia, di Desa Soki, tinggi  air diperkirakan setinggi lutut orang dewasa. Kawasan yang terendam banjir di RT. 02, RT. 04,dan RT. 06. Sementara untuk kerugian belum diketahui.

Lanjut dia, banjir juga terjadi banjir di Desa monggo dan Desa Ncandi, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima. 

"Banjir di dua desa ini terlihat air yang meluap ke jalan raya karena sungai antara Desa  Monggo dan Desa Ncandi sempit dan tidak mampu menampung debit air yang ada karena intensitas hujan yang lama. Tak ada korban jiwa dan harta benda sementara nihil," tambah dia.

Kondisi banjir yang melanda Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Sabtu, 13 Januari 2018. METROMINI/Dok
Informasi yang dihimpun. Selain di Desa Soki. Untuk wilayah Kecamatan Belo, banjir bandang juga melanda beberapa desa yang ada seperti di Desa Ncera, Desa Lido, Desa Renda dan juga Desa Ngali.

Kepala Desa Ngali, Tafwin mengungkapkan, banjir bandang yang terjadi hari ini adalah banjir yang terbesar yang pernah terjadi di Ngali. Kata dia, ada ratusan rumah terendam banjir. Ada pula satu rumah yang tergeser dan hampir terseret arus, namun tertahan jembatan dan kondisinya hanya tergeser saja.

"Ada ratusan rumah di Desa Ngali yang terendam banjir. Situasi malam ini, air sudah mulai surut dan banjir kali ini bisa dibilang yang terbesar yang pernah terjadi di Ngali," ucap Kades kepada www.metromini.co.id, malam ini.

Tafwin mengungkapkan, kondisi air banjir cukup tinggi yang merendam rumah warga yang ada di bantaran sungai. Sementara, kata dia, rumah miliknya yang ada di pertengahan perkampungan warga, tinggi air sampai dengan paha orang dewasa.

"Tinggi air di rumha saya yang letaknya di tengah perkampungan warga ada sampai paha. Kalau rumah yang di pinggir sungai lebih dalam lagi," ucap dia.

Dijelaskannya, banjir ini diperkirakan karena intensitas hujan yang melanda Kecamatan Belo sejak pagi tadi. Dan saat sore menjelang tadi, sambung Tafwin, hujan deras melanda Kecamatan Belo berlangsung hingga menjelang malam. 

Kemungkinan, kata dia, air di DAM Ncera meluap karena tidal mampu menampung debit air dan juga kondisi air sungai yang meluap hingga air merendam rumah warga hingga malam ini.

"Saat ini kami sedang pembersihan. Kalau di Desa lain, saya kurang tahu bagaimana kondisi banjir yang terjadi. Dan di Desa Ngali, pada bencana hari ini, tidak ada korban jiwa. Rata-rata warga mengalami kerugian kerusakan barang elektronik yang ada di dalam rumahnya," tambah dan tutup Kepala Desa Ngali.

Sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, masih dikonfirmasi lanjut atas kejadian bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bima hari ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item