Camat Sape "Digedor", DAM Raba Seme Akan Segera Diperbaiki

Persatuan Pemuda Peduli Desa - Naru Barat (PPPD-NB) menggelar aksi di depan kantor Camat Sape, Senin, 29 Januari 2018 pagi lalu. METROMINI/Dok
KABUPATAN BIMA - Persatuan Pemuda Peduli Desa - Naru Barat (PPPD-NB) menggelar aksi di depan kantor Camat Sape, Senin, 29 Januari 2018 pagi lalu. Amirullah, Kordinator aksi bersama massa sekitar 30 orang itu mengangkat masalah tentang perbaikan Dam Raba Seme yang jebol akibat diterjang banjir bandnag. 

Kata Amrullah, tuntutan mereka meminta agar Camat Sape memanggil PT. Tukad Mas. Dia meminta pula agar Bupati menyelesaikan masalah jebolnya Bendungan Raba Seme. 

"Kami meminta pemerintah daerah bisa dengan segera memperbaiki Bendungan Raba Seme. Dan kepada Dinas PUPR agar dengan segera melakukan penataan untuk pembangunan Bendungan Raba Seme yang ada di Desa Rai Oi," ucap dia saat orasinya.

Dia pun berharap, Camat Sape untuk transparan dan mempublikasikan data terkait pembangunan kantor camat dan rumah dinas camat saat ini.

"Selain meminta data pembangunan kantor dan rumah dinas camat sape. Kami meminta perjanjian hitam di atas putih untuk sama-sama mendukung gerakan ini," tandasnya. 

Dia menegaskan, apabila tuntutannyatidak , maka akan dilakukan aksi lebih besar lagi. Saat aksi berlangsung. Senin pagi lalu, awal aksi dimulai dengan berkumpul dipertigaan mesjid raya dan melakukan konvoi kelliling desa-desa yang ada di Kecamatan Sape.

"Kami Persatauan Pemuda Peduli Desa Naru Barat menyampaikan aspirasi dan keluhan masyarakat yang ada yang memiliki lahan pertanian yang sangat bergantung pada bendungan air untuk kebutuhan irigasi," paparnya. 

Kata dia, akibat kerusakan Bendungan Raba Seme, petani terancam gagal panen karna tidak air yg mengalir di jalur irigasi. "Sesuai analisa kami, kerusakan dan kebanjiran ini akibat kelalaian pemerintah dalam analisa dampak lingkungan pada PT. Tukad Mas selaku pekerja Bendungan Raba Seme, tuding dia.

Dijelaskannya, PT Tukad Mas harus bertanggung jawab karna mengambil pasir, batu,dan sirtu di area sungai sehingga terjadi kerusakan ini. 

"Untuk itu, kami dari Persatuan Pemuda Peduli Desa Naru Barat meminta kepada Bupati Bima dan PT. Tukad Mas harus bertanggung jawab atas kerusakan bendungan dan kerugian masyarakat atas kejadian ini,"paparnya.

Sementara itu, Camat Sape, Kmarudin, S.Sos sangat apreseasi dan mengucapkan terimakasih atas aspirasi warga ini. Diakuinya, isu ini memang mewakili jeritan hati masyarakat sape. 

"Saya selaku perpanjangan tangan Bupati yang ada di kecamatan akan mengkoordinasi dan melaporkan hal yang sudah terjadi. Diantaranya, surat pemohonan normalisasi suangai dari Desa Sari sampe Sesa Bugis sudah dilakukan saat ini," ujarnya menanggapi aksi yang berlangsung, Senin lalu itu.

Diakuinya, surat permohonan penanganan DAM induk Sape sudah direspon dan akan segera dilakukan  oleh Dinas PUPR Kabupaten Bima. 

"Proses perbaikan DAM induk ini insy Allah akan dilakukan secepatnya. Harapan kami kepada masyarakat untuk menjamin keamanan para pekerja dan kami dari Muspika siap mengawal hal ini," tandas Camat.

Die mengaku, terkait PT. Tukad Mas yang beroperasi di wilayah Kecamatan Sape sudah sejak lama. Kalau proyek kantor Camat Sape dikerjakan oleh CV. Tunas Muda dengan kontraktor bernama Abdu Kadir dengan anggaran Rp1.180 812.000.

"Pekerjaan proyek kantor Camat belum tuntas masih berlanjut. Sementara rumah dinas camat dikerjakan oleh CV. Gehana dengan kontraktornya Pak Julkilfli dengan anggaran Rp491.230.000," jelas Camat.

Dari pihak DPUPR Kabupaten Bima, melalui seorang Kabid Pengairan mengaku sudah berkordanasi dengan Dinas PUPR Pronvinsi NTB dan siap mengerjakan DAM ini.  Selanjutnya, di akhir aksi itu berlangsung ada penandatangan surat pernyataan bahwa Dinas PUPR siap melaksanakan perbaikan DAM induk secepatnya dan Camat Sape siap tanggung jawab terkait kelegalan ijin PT Tukad Mas. 

Di sisi lain, pihak PT. Tukad Mas masih dikonfimasi kembali dalam hubungannya dengan pemberitaan ini. (RED)










Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item