Demonstrasi Latihan Perang Marinir di Bima, Ini Jadwal Kegiatannya


Kapal Perang KRI Teluk Sampit tiba di Pelabuhan Bima, Kamis (25/1/2018). METROMINI/Dok 
KOTA BIMA - Perwira Staf Operasi (Pasops) Pangkalan Angkatan Laut Mataram Mayor Gede Padang di Mataram mengungkapkan, tiga kapal perang Indonesia dengan ribuan prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut dari Pasukan Marinir 1 (Pasmar 1) Sidoarjo, akan tiba di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

Dilansir dari laman berita akurat.co, perkiraannya, kapal-kapal itu akan tiba pas fajar menyingsing di Kota Bima, Minggu (28/1/2018) pagi besok. Gede Padang mengungkapkan hal itu sesuai dengan rencana simulasi invasi musuh dalam latihan tempur Triwulan IV Tahun 2017 yang telah dipersiapkan sejak Kamis (25/1/2018) di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

"Dalam rencana kegiatannya, aksi ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL akan melakukan pendaratan amfibi di Pantai Kolo, Kota Bima, pada Minggu (28/1) pagi. Dan Komandan Korps Marinir sama rombongan juga akan hadir menyaksikan pendaratannya," ujar Gede Padang, Jumat (26/1/2018) kemarin dikutip dari www.akurat.co.

Dia mengunkapkan, kedatangan kapal-kapal itu dalam demonstrasi aksi merebut kembali daerah yang telah dikuasai musuh. Pada demonstrasi itu, akan diawali dengan penyusupan dari pasukan elit Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) mulai Sabtu (27/1/2018) dini hari tadi.

"Pasukan ini akan menyusup ke daerah lawan dan melumpuhkan objek vital. Setelah semuanya aman, baru pasukan marinir beserta kendaraan tempur melakukan pendaratan," ucapnya.

Dia menambahkan, aksi pendaratannya akan dimulai dari tiga kapal perang Indonesia yang telah membentuk formasi pada jarak aman dari bibir Pantai Kolo, Kota Bima.

"Pasukan marinir bersenjata dan kendaraan tempur TNI AL, akan melakukan pendaratan amfibi dari KRI Makassar, KRI Teluk Jakarta, dan KRI Teluk Sampit. Ranpur BMP-3F yang menjadi maskot alat utama sistem pertahanan (alutsista) Marinir TNI AL, juga dikabarkan turut tampil dalam latihan tempur ini," jelasnya.

"Ada pasukan terjun tempur juga yang akan meluncur dari pesawat Cassa. Dua helikopter akan 'on board' di atas KRI Makassar," demikian tambah Gede Padang.

Schedule Kegiatan Latihan Perang Maeinir

Anggota marinir yang tiba di Pelabuhan Bima dengan Kapal Perang KRI Teluk Sampit, Kamis (25/1/2018). METROMINI/Dok 
Seorang anggota TNI Bima, Serka Abubakar mengungkapkan, di hari Kamis (25-1-2018) lalu, Kapal Perang KRI Teluk Sampit sudah merapat di Pelabuhan Bima yang membawa Tim Aju kurang lebih 259 personil beserta alat kelengkapan dapur umum, angkutan truk dan lai-lain.

"Dan di Kota Bima mereka membangun camp dan atau akan di tempatkan di Gedung KONI Paruga Nae, Kelurahan Monggonao, Kecamatan Mpunda, Kota Bima sebagai Kout atau Posko," jelasnya, keamrin.

 Kata dia, di hari Jum'at (26-1-2018), Tim akan melanjutkan kegiatan kordinasi dan sosialisasi ke Tokoh Masyarakat yang ada di Kelurahan Kolo, Kecamatan Asakota dan di Kota Bima.

"Pada hari ini (Sabtu, 27 Januari 2018), mereka membuat persiapan tumpuan pantai pendaratan amfibi marinir di Pantai Kkolo, Mereka pun akan melakukan pembersihan di pantai kolo dan pemasangan tenda tamu serta pemasangan sas tembak tank, mortil dan roket," sebutnya.

Pada hari Minggu (28-1-2018) besok, lanjut Abubakar, pendaratan Ampibi Tank, Ampibi Panser dan Ampibi yang jumlahnya kurang lebih 20 unit. Kemudia akan dilanjutkan untuk masuk steling tembak sekitar jam 05:00 sampai dengan 08:00 WITA.

Lanjut dia, serpas kendaraan tank dan panser menuju gedung UKS di belakang Mapolres lama, di Kelurahan Rabangodu Utara dan juga akan melaksanakan terjun payung di Lapangan Pacuan Kuda, Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima.

"Terakhir di hari Senin (29-1-2018), anggota Marinir akan melaksanakan kirab start dari Kantor Wali Kota Bima menuju Lapangan Serasuba yang melibatkan perwakilan drum band dari sekolah dan instansi lain," ungkapnya.

"Akan ada pula demonstrasi terjung payung di Lapangan Serasuba, Baksos dan pengobatan massal di Kelurahan Penatoi, Kota Bima dan hiburan di Lapangan Serasuba," tambah Babinsa Kelurahan Sadia itu merinci keterangannya. (RED* | WWW.AKURAT.CO)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item