Dua Senpi Rakitan Diserahkan Warga di Dadibou


Proses penyerahan senpi rakitan yang diserahkan warga di Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Senin (8/1/2018). METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Komandan Bataliyon Sub Den 1 Batalyon A Pelopor Bima, Kompol Ikhwan Lazuardi, SH. SIK, MH mengungkapkan, di Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima telah terjadi penyerahan senjata api (senpi) rakitan olel masyarakat kepada Tim Intelmob, Senin, 8 Januari 2018, sekitar pukul 16:00 WITA.

Baca juga: Kapolres: Pemilik Asli Laras Panjang Rakitan Serahkan Diri di Samili

Menurut Ikhwan, penyerahan senjata ini bertempat di salah satu rumah warga yang beralamat di RT 04/05, Desa Dadibou, tepatnya di kediaman salah seorang anggota Polres Bima (Bripda Septian Saputra).

"Senjaa api rakitan yang diserahkan yaitu satu pucuk senpi rakitan jenis laras panjang dan satu pucuk senpi rakitan laras pendek," sebut Danyon Brimob Bima, sore ini.

Ia mengatakan, pada penyeratahan senpi ini dilakukan oleh perwakilan masyarakat. Dari Desa Dadibou diserahkan langsung oleh Yakub selaku Kepala Desa, Pak Hamkah selaku Kepala Dusun dan M. Saleh selaku Ketua Karang Taruna Desa Dadibou.

Ia mengisahkan, sekitar pukul 15:30 WITA, Tim Intelmob mendatangi rumah Pak Yakub (Kepala Desa Dadibou) dan di bantu oleh salah serotang anggota Polres Bima (Bripda Septian Saputra) untuk menggalang beberapa orang masyrakat terkait kepemilikan senjata api rakitan agar mau menyerahkan secara sukarela.

"Setelah mengetahui hal tersebut. Beberapa masyarakat yang sudah sadar akan hukum menghubungi Kepala Desa Dadibou. Mereka ingin menyerahkan senjata api rakitan miliknya," jelas Ikhwan.

Lanjut dia, sekitar pukul 16:00 WITA, Tim Intelmob menemui Kepala Desa Dadibou dan melakukan serah terima senjata api rakitan tersebut.

"Situasi penyerahan, situasi di Desa Dadibou terpantau aman dan kondusif," ucap dia.

Dua senpi rakitan yang diserahkan warga di Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Senin (8/1/2018). METROMINI/Dok
Ia pun menghimbau, kepada warga pemilik senpi rakitan lainnya agar melakukan penyerahan senpi yang bisa disampaikan lewat Kepala Desanya. Hal ini, menurutnya, demi terciptanya situasi yang kondusif dan damai di Desa Dadibou yang sudah berulang kali terlibat bentrokan dengan warga Desa lain.

Kata dia, disinyalir, di Desa Dadibou maupun di Desa Risa ataupun di Desa lainnya, masih banyak warga yang memiliki dan menyimpan senjata api rakitan untuk digunakan dalam tindakan kriminal.

Diakuinya, senjata api rakitan tersebut disinyalir pula digunakan saat konflik sosial atau perang kampung antara Desa Dadibou denga  Desa Risa dan desa - desa lain nya seperti Desa Kalampa dan Desa Penapali.

"Penyerahan senpi rakitan bisa diserahkan kepada Kepala Desa secara sukarela. Himbauan ini, sebagai langkah penegakan hukum yang ada di Desa Dadibou yang kerap terlibat bentrokan dengan warga desa lainnya," tandasnya. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item