Lagi, Jembatan di Sanggar Hampir Rubuh


Lagi, Jembatan di Desa Boro-Sanggar hampir rubuh, Jum'at (26/1/2018). METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Kondisi musim penghujan yang berpotensi melahirkan banjir bandang yang melanda di wilayah Kecamatan Sanggar mengakibatkan beberapa jembatan penghubung antara desa hampir terputus. Bahkan, satu jembatan lintas Sanggar-Tambora pun sudah ada yang ambruk kemarin. Saat ini, oleh kontraktor yang sedang mengaspal jalan di sana, sedang dibuatkan jalan alternatifnya.


Pantauan Reporter Metromini di Sanggar, Jum'at, 26 Januari 2018. Satu jembatan di Kecamatan Sanggar kondisinya pun hampir terputus. Jembatan itu merupakan penghubung antara Desa Piong dan Desa Oi Saro yang mengalami kerusakan akibat terus dihantam banjir yang datang dari air gunung. 

Sekretaris Desa Oi Saro, Mahdin, S.Pd membenarkan bahwa jembatan penghubung antara Desa Piong dan Desa Oi Saro yang kondisinya hampir ambruk dan sangat berbahaya untuk digunakan saat ini. 

"Jembatan penghubung Desa Piong dan Desa Oi Saro saat ini hampir terputus oleh banjir. Untuk pengendara roda dua maupun roda empat yang melewati jembatan ini agar lebih berhati-hati,  Karna kondisi fisik jembatan sebagiannya sudah ada yang ambruk dan belubang," jelas dia.

Kondisi jembatan yang podasi bawahnya sudah ambruk di Kecamatan Sanggar, Jum'at (26/1/2018). METROMINI/Agus Gunawan
Kata dia, bagi pengguna jalan yang melewati jembatan dekat SMPN 2 Sanggar statusnya dalam keadaan rawan dan gawat ,Selain itu pula, jembatan tersebut merupakan penghubung jalan satu-satunya yang ada dalam menghubungkan desa-desa di Kecamatan Sanggar.

Saat ini, kata dia, di bagian bawah pondasi jembatan sudah ada yang ambruk dan perhatian pemerintah daerah dalam mengantisipasi kerusakan yang cukup parah ini harus segera ditindaklanjuti. 

"Semoga saja Pemerintah bisa melirik keadaan jembatan ini. Dan tidak menunggu kerusakan yang lebih besar atau keadaan jembatan sudah tidak bisa digunakan lagi," tandas Sekdes, Jum'at, 26 Januari 2018.

Jalan Alternatif di Boro Dibuat Kontraktor Jalan Lintas Sanggar-Tambora

Pekerjaan  jalan alternatif yang disebabkan rubuhnya jembatan yang ada di Desa Boro, Kecamatan Sanggar, kemarin. METROMINI/Agus Gunawan

Kamis, 25 Januari 2018, ambruknya jembatan yang ada di Dusun Loka, Desa Boro, Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima. Saat ini, setelah masyarakat setempat mengajukan aspirasi perbaikan atau pembuatan jalan alternatif. Ternyata langsung direspon oleh kontraktor atau Pelaksana kegiatan pengaspalan jalan Lintas Sanggar-Tambora. 

Pantauan Metromini, jalan alternatif yang menghubung antara Kecamatan Sanggar menuju Kecamatan Tambora itu langsung direspon seketika atau beberapa saat jembatan itu roboh. Tokoh pemuda setempat, Izhar mengatakan, pihaknya melakukan komunikasi dan melobi pihak kontraktor yang saat ini kebetulan lagi mengerjakan proyek di Sanggar. 

"Kami minta dipinjamkan alat beratnya untuk pembuatan jalan alternatif. Dan alhamdulillah, aspirasi masyarakat itu didengar dan langsung dikerjakan," tandas Izhar, kemarin

Ia menegaskan, pembuatan jalan alternatif di samping jembatan yang ambruk ini murni bantuan dari pihak kontraktor bukan bantuan dari pemerintah.

"Ini murni bantuan pekerjaan jalan dengan alat berat yang diberikan oleh kontraktor atas komunikasi masyarakat Desa Boro dan masyarakat di Desa Piong. Untuk itu, kami mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada pihak kontraktor sehingga jalan alternatif pun sudah ada saat ini dan bisa langsung digunakan oleh masyarakat di Kecamatan Sanggar dan Tambora," tutupnya. 

Di sisi lain, pihak atau Bagian Humas dan Protokoler setda Kabupaten Bima, Yan Suryadin mengungkapkan, terkait dengan ambruknya jembatan di So  Loka, Desa Boro, Kecamatan Sanggar, Bupati sudah instruksikan kepada Kepala Bagian Administrasi Pembangunan  untuk melihat langsung dampak banjir tersebut.

"Untuk keadaan jembatan yang ambruk di Sanggar dan kondisi jembatan lain yang dikeluhkan warga, Bupati sudah instruksikan Pak Suwandi untuk cek fisiknya di lapangan dan segera melaporkannya ke Bupati," ungkap Kasubag Protokoler itu, kemarin. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item