Masuk dengan Mobil di Pantai Lakey-Dompu Bayar Rp50 Ribu, Pengunjung ini Komplain

Karcis saat masuk kawasan wisata Pantai Lakaey, di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu. FACEBOOK/Efen R
KABUPATEN DOMPU - Seorang pengunjung asal Kota Bima, R. Efendy atau Efen R mengungkap lewat akun sosial medianya tentang karcis atau tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Lakey yang ada di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Senin, 1 Januari 2018.

Kata dia, dalam karcis yang disiapkan petugas diterangkan bahwa tiket masuk kawasan Lakey sebesar Rp5.000, Namun, oleh oknum petugas setempat, pihaknya diminta membayar Rp50 ribu lantaran masuk dengan menggunakan kendaraan roda empat. 

"Jejak Pantai Lakey hari ini. Sudah jelas dalam karcis masuk tersebut tertera angka Rp5.000, Tapi, oleh petugas malah ngotot nagihnya Rp50.000,- dengan alasan termasuk retribusi mobil," tulis  Efen R, di linimasa Facebook miliknya.

Menurutnya, jika memang begitu, kenapa tidak tertera dalam karcisnya atau pihak petugas memiliki alat bukti pembayaran atau karcis masuk dengan mobil di kawasan Lakey ini. Ia pun mempertanyakan tentang Peraturan Daerah (Perda) yang berlaku untuk biaya masuk yang diatur di kawasan Lakey ini. 

"Apa memang aturannya begitu? Tidak jelas juga dalam karcis tersebut harga sekian apa untuk perorangan atau motor atau pula masuk dengan mobil. Dan atau memang nilai karcis tersebut berlaku secara umum," ucap dia.

Dia pun berharap, pihak pemerintah dompu bisa mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang retribusi penarikan karcis untuk wisatawan di Kabupaten Dompu. Jangan sampai, kata dia, ada upaya munculnya dugaan pungutan liar (pungli) yang terjadi dan memanfaatkan momen liburan tahun baru ini. 

"Mungkin ada yang bisa menjelaskan mekanismenya seperti apa? Jika tidak, pihak Pemda bisa mensosialisasikan atau memasang plank biaya tentang retribusi karcis baik perorangan, dengan kendaraan roda dua dan juga dengan roda empat," harap dia.

"Kejadian ini jangan sampai memicu munculnya pungli dan tindakan pemerasan yang ujungnya wisatawan merasa kecewa dan tak ingin berkunjung lagi di Lakey," papar dia.

Sementara itu, pihak petugas karcis atau pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu, sedang dalam upaya konfirmasi lanjut terkait dengan komplain warga yang mengunjungi Pantai Lakey-Dompu, hari ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item