Pantai Kolo Jadi Arena Latihan Perang Marinir dan Siang Nanti "Ada yang Heboh" di Lapangan Manggemaci


Marinir saat menggelar upacara latihan perang di pantai. GOOGLE/www.marinir.tnial.mil.id
KOTA BIMA - Prajurit Korps Marinir TNI AL menggelar demonstrasi latihan perang penyerbuan di Pantai Kolo, Kecamatan Asakota, Kota Bima dalam operasi pendaratan amfibi, Minggu (28/01/2018) pagi kemarin. 

Data dari Dispen Kormar (Bima) menyebutkan dalam pendaratan amfibi yang dilaksanakan oleh prajurit Korps Marinir TNI AL disaksikan oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han). Selain itu hadir pula, Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han), Asops Dankormar Kolonel Marinir Edi Juardi, Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto, para Asisten Danpasmar-1, para Dankolak/Satlak Pasmar-1.

Sementara dari pihak pejabat daerah, turut hadir pula Wali Kota Bima, H. M. Qurais H. Abidin, Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta dan Kasdim 1608/Bima Mayor Inf A. Haris S.H., M.H.

Menurut Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) menyatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan Latihan Satuan Lanjutan (LSL) III Triwulan IV Pasmar-1 tahun 2017, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan secara teknis dan taktis Satuan Tempur dijajaran Pasmar-1.

"Sebelum pelaksanaan pendaratan amfibi, terlebih dahulu dilaksanakan latihan Terjun Tempur (Junpur) yang dilaksanakan oleh prajurit Yontaifib-1 Mar, Rubber Duck Operation (RDO) dan Pendaratan Khusus (Ratsus)," ungkapnya.

Bambang mengatakan, pendaratan amfibi yang dipimpin oleh Komandan Batalyon Tim Pendarat (BTP) 3 Pasmar-1 Letkol Marinir Prasetyo Pinandito yang sehari-hari menjabat Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir tersebut. 

Marinir saat menggelar upacara latihan perang di pantai. GOOGLE/www.marinir.tnial.mil.id
Kata dia, selain melibatkan ribuan prajurit Korps Marinir dari Pasmar-1, kegiatan ini juga melibatkan beberapa material tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL. Diantaranya, sambung Karmar, BMP-3F, LVT-7, BTR-50, KAPA, MLRS Vampire, BVP-2 dan Howitzer 105 mm dan perahu karet beserta motor tempelnya.

"Seluruh personel dan material tempur Korps Marinir TNI AL dari Pasmar-1 melaksanakan LSL III Triwulan IV tahun 2017 menggunakan KRI Teluk Sampit-515, KRI Makassar-590, KRI Teluk Banten-516, KRI Teluk Jakarta-541, Dan juga ada 2 unit Helly Bell dan pesawat Cassa TNI AL," paparnya.

Dia menjelaskan, latihan pendaratan amfibi diawali dengan taklimat dari Pangkogasgabfib “Daratkan Pasukan Pendarat”. Kemudian dilanjutkan dengan bantuan tembakan kapal, setelah itu meluncurlah Tank BMP-3F pada gelombang pertama pendaratan. 

"Demostrasi selanjutnya diikuti gelombang dua dan tiga pendaratan yaitu BTR-50, Sekoci Pendarat Pasukan (SPP) dilanjutkan Kapa K-61 yang mengangkut mobil Rantis KIA, Ambulance dan Meriam Howitzer 105 mm serta LCU yang mengangkut MLRS Vampire," sebut dia.

Ia menambahkan, setelah semua personel dan material tempur sudah mendarat. Dilanjutkan dengan penembakan, Howitzer 105 mm, MLRS Vampire dan penyerbuan sasaran oleh prajurit Infanteri Korps Marinir beserta senjata bantuan infanteri Mortir 60 mm, Mortir 81 mm, RPG-7 dan GPMG untuk merebut sasaran, 

"Selain itu juga dilaksanakan penyerbuan dengan lintas Helly," tutup dia.

Stand Up Comedy dan Sulap Marinir di Lapangan Manggemaci, Siang Nanti

Tank Amfibi milik marinir saat menggelar latihan perang di Pantai Kolo, Kota Bima, Minggu (28/1/2018). METROMINI/Azhar
Sementara itu, Kasdim 1608/Bima Mayor Inf A. Haris S.H., M.H mengungkapkan, pada hari ini (Senin, 29 Januari 2018) menyebutkan,untuk agenda kegiatan TNI AL, pada jam 07.00-07.30 WITA akan dilangsungkan Persiapan Kirab Parade.

"Pada jam 08.00 WITA akan digelar pelepasan Parade di Paruga Nae Conv Hall.. Pada kegiatan ini akan diikuti oleh perwakilan Drum Band SMA, SMP, SD dan atau Instansi lain. Ada juga demonstrasi dari Tank Amfibi, Tank Panser sepanjang 1 km," ungkapnya.

Kata Kasdim, untuk rute parade nanti melalui Jalan Soekarno-Hatta (satu jalur) menuju Lapangan Sarasuba, kemuadian ke arah timur Jalan Gajah Mada dan belok kanan di Jalan Pattimura, Kelurahan Pane menuju Stadion Manggemaci,

Iring-iringan anggota Marinir  yang tiba di Kota Bima, Minggu (28/1/2018). METROMINI/Azhar
Untuk kegiatan selanjutnya, kata dia, akan disambung dengan penerimaan peserta Kirab di Lapangan Manggemaci yang dihadiri pula Komandan Pasukan Marinir-1 beserta tamu undangan yaitu rombongan Danpasmar, Pimpinan FKPD Kota dan Kabupaten Bima, Kepala OPD di Kota dan Kabupaten Bima.

"Pada acara itu akan ada penyerahan Plakat dari Danpasmar-1, dan juga Display Marching Band, terjun payung free fall, penembakan meriam artileri, kolone senapan, hiburan musik, stand up comedy marinir dan juga acara sulap marinir," rinci Kasdim.

Dia menambahkan, acara akan berakhir sekitar pukul 12.00 WITA dan akan diisi dengan hiburan musik dan dilanjutkan dengan acara meninjau pengobatan gratis di Kota Bima.

"Marinir juga menggelar kegiatan pengobatan gratis siang hari nanti (Senin, 29/1/2018-red) dan akan ada kegiatan ramah tamah dan makan siang di Gedung Convention Hall-Paruga Nae," tutup Kasdim kelahiran asal Bima itu. (RED*)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item