Demo di Desa Keli, Anak Kades Sempat Lempar Demonstran


Perhimpunan Mahasiswa Keli (PMK) menggelar unjuk rasa depan Kantor Desa Keli, Kecamatan Woha, Kabupaten  Bima, Senin, 12 Februari 2018. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Senin, 12 Februari 2018 sekitar pukul 09:20 WITA, bertempat di depan kantor Desa Keli, Kecamatan Woha, Kabuptaen Bima tepatnya di Jalan Lintas Naru-Keli berlangsung unjuk rasa yang dilakukan Perhimpunan Mahasiswa Keli (PMK). Kordinaro aksi, Bukhari, bersama rekan-rekannya menggelar aksi dengan menggunakan mobil pick up dilengkapi dengan sound sistim. Mereka mengevaluasi 3 (tiga) tahun kinerja Pemerintah Desa Keli dan menyampaikan beberapa tuntutan.

Bukhari mengaku, dalam aksu PMK ini dilatarbelakangi adanya panggilan moral dalam melakukan gerakan deminstrasi terhadap pemerintah Desa Keli. Menurutnya, terjadi banyak kejanggalan yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Desa hari ini.

"Kami lihat kondisi Desa Keli tercinta semakin terpuruk dengan kondisi pembangunan yang tidak tepat fungsinya. Belum lagi soal pemberdayaan terhadap msayarakat tidak pernah diterapkan oleh pemerintah desa hari ini. Kondisi ini sudah melanggar amanat UU No 06 tentang Desa. Di mana Kepala Desa bertugas menyelenggarakan pemerintah desa dengan melaksanakan pembangunan, pembinaan msyarakat desa dan pemberdayaan masyarakat," jelas Bukhari, Senin, kemarin.

Ia menjelaskan, di Desa Keli terjadi tidak transparansinya kinerja sebagaimana yang diamanatkan oleh UU No 08 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Untuk itu, pihaknya mendesak kepada Pemerintah Desa Keli agar segera menyusun regulasi Peraturan Desa (Perdes) terkait kendaraan ambulance desa. Mendesak pemerintah Desa Keli untuk segera membentuk tiga organisasi kemasyarakatan yaitu  Organisasi Karang Taruna, Organisasi Remaja Mesjid dan menentukan Ketua Pemuda di Desa Keli.

"Kami pun meminta kejelasan dan keberadaan oknum anggta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tidak menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Pada intinya, Kami mendesak pemerintah Desa Keli untuk meningkatkan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa guna mempercepat perwujudan kesejahteraan umum sesuai dengan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa ," paparnya. 

Sekitar pukul 09:20 WITA, Kapolsek Woha, AKP Fandi Ar bersama anggotanya tiba di Desa Keli. Dan dalam aksi itupunm Bukhari melakukan orasi keliling menyusuri gang-gang di Desa Keli dengan menggunakan mobil pick up guna mencari dukungan massa aksi yang lebih banyak lagi. 

Selain tuntutan di atas, Bukhari pun menuntut kepada Pemerintah Desa Keli agar menyampaikan segala yang menjadi program saat ini. Ia pun menyorot anggota BPD yang tidak punya izazah sehingga tugas yang diamanatkan tidak pernah dijalankan. 

Kata dia, selama ini. staf di Desa Keli pun masuk kerja bervariasi. Ada yang masuk jam 08:00 WITA ada pula yang masuk jam 09.00 WITA. Kata dia, Pemerintah Desa pun tidak pernah berpihak pada petani sehingga kelangkaan pupuk sering terjadi pada masa yang dibutuhkan.

"Kami melihat situasi saat ini di mana pemuda-pemuda diresahkam dengan minuman keras yang mereka pakai karena tidak adanya pengawasan dari Ketua Pemuda yang tidak pernah dibentuk. Dan aksi ini bertujuan semata-mata untuk membangun desa dan pemuda di Desa Keli sebagai harapan bangsa. Dan yang sangat disayangkan adalah keberadaan BPD yang tugasnya menampung aspirasi rakyat ternyata tidak mampu membina dan mengawal masyarakat. Mereka hanya bisa menerima gaji saja," tukas dan jelas Bukhari. 

"Apabila seluruh tuntutan kami tidak direalisasikan maka kami dari PMK akan melakukan tindakan pemalangan kantor Desa Keli. Kami anggap kantor yang ada tidak berfungsi. Selan itu, tentang keberadaan BUMDes dan cara pengelolaan harus transparansi," tambah dia.

Penandatanganan perjanjian antara Kades Keli dan Massa Aksi, Senin, 12 Februari 2018. METROMINI/Dok
Sementara itu, pihak Kades Keli dalam tanggapannya mengajak PMK bisa bergabung bersama guna menemukan solusi atas persoalan yang ada di Desa Keli. Terkait mobil ambulans, kata Kades, 5 bulan sebelum mobil dibeli sudah ada papan pengumuman di masing-masing dusun. Kalau soal Perdes, masih dalam proses karena menunggu hasil pembahasan di tingkat Kabupaten.

"Untuk perancang Perdes adalah BPD. Hasilnya akan dilaporkn kembali ke Kabupaten bukan langsung di patok habis oleh BPD dan Kepala Desa. Sementara untuk Karang Taruna Desa Keli sudah ada yaitu diketuai oleh Nasuhi. Tetapi peremajaan akan dilakukan namun masih kendala untuk saat ini," jelas Kades, Senin siang kemarin.

Lanjut Kades, untuk organisasi remaja mesjid sudah ada. Namun orang yang diangkat tidak pernah ada. Untuk Ketua Pemuda pun sudah ada atas nama Azwar. Tnggal dilakukan peremajaan saja.

"Untuk keberadaan BUMDes saat ini sedang dalam pengelolaan pengurus yang telah dibentuk. Mereka menjalankan BUMDes seperti simpan pinjam ke masyarakat. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat agar sejahtera. Dan terkait saldo BUMDes Desa Keli ada pada pengurusnya," jelas Kades.

Di tempat yang sama, Ketua BPD, Abdul Salam mengaku, soal Perdes harus di bawah Perda. Dan ketika buat Perdes namun tidak ada petunjuk dari Kabupaten maka belum bisa dipakai. Untuk kinerja BPD, pada setiap anggaran desa akan ada tanda tangan pihak BPD. 

"Jadi proyek yang ada tentu sepengetahuan pihak BPD. Dan soal anggota BPD yang tidak hadir karena dalam masa mengurus pertanian (tanaman padi dan bawang) mereka," paparnya.

Kapolsek Woha yang sempat menyampaikan pandangannya berharap kepada massa aksi agar menggunakan kepala dingin dalam melakukan audensi ataupun menerima jawaban dari Kades dan BPD. 

Informasi yang dihimpun mengungkapkan. saat aksi berlangsung, terjadi pelemparan kepada massa aksi oleh anaknya Kepada Desa. Dan terjadi sedikit suasana memanas antara massa aksi dan Ketua BPD dalam penyampaian tanggapan dari BPD.

Pada aksi itu pun, ada perjanjian apabila dalam waktu 2 minggu tidak ada hasilnya. Maka PMK akan melakukan aksi lanjutan dan menyegel kantor Desa Keli. Perjanjian itu pun ditanda tangani oleh Kades bersama Korlap sebagai tanda persetujuan bersama. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item