DPMDes Tak Bisa Pastikan Dana TPID 70% Kapan Dicairkan

Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, H.  Adnan. MEROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Usai kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat Kabupaten Bima yang dilaksanakan di aula Kampus STKIP Taman Siswa Bima, di Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Kamis, 28 Desember 2017 lalu yang hanya menggunakan 20% dari dana Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di 18 Kecamatan se Kabupaten Bima. 

Angka kegiatan yang menelan lebih dari Rp100 juta itu, saat ini, sekitar 70% anggaran TPID Kecamatan masih dipertanyakan kapan pencairannya. Sementara yang 10% dipergunakan oleh masing-masing TPID untuk kegiatan internalnya masing-masing.


Menanggapi hal tersebut. Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, H.  Adnan mengatakan, sisa dana 70% sebenarnya untuk kegiatan pendampingan oleh TPID Kecamatan di setiap desa yang ada di masing-masing kecamatan untuk tahun anggaran 2018 ini.

"Sisanya yang 70%, sebenarnya untuk dana pendampingan desa. Dan dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Namun, sampai hari ini kita belum mendapatkan informasi sejauh mana dana itu akan diberikan oleh pusati," ucap Adnan, di ruang kerjanya, Senin, 19 Februari 2018.


Kata dia, pada saat teman-teman dari Kementrian hadir di Bima beberapa waktu lalu,  Sempat ditanyakan masalah sisa dana yang 70% ini. Namun, dari pihak Kementrian belum bisa memberikan penjelasan kapan sisa dana itu dicairkan. "Dan mungkin lagi dalam proses di Kementrian," ucap dia.

Dia mengatakan, untuk memastikan tanggal dan bulan berapa dicairkannya sisa dana ini. Saat ini, belum bisa dipastikan. Memang anggaran tersebut masuk dalam DPA di Pemerintah Propinsi yang bersumber dari dana rekon pusat. 

"Kalau untuk dana TPID itu bukan dari DPMDes atau Pemkab Bima. Anggaran itu dari Kementrian langsung dan ada dalam DPA di Provinsi dan sisa anggaran yang 70% sebenarnya untuk kegiatan pada tahun 2018 ini," jelasnya.

Ia menambahkan, karena sumber dana bukan dari Pemkab atau DPMDes. Susah untuk diberikan kepastian, kapan dana ini dicairkan. "Mengenai kapan pencairan Dana itu, yang jelas bukan kewenangan DPMDes tapi pemerintah pusat," tutupnya. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item