Hj. Maria Ulfa, Peneliti Dikes Dompu Menilai Tuberkulosis Menjadi Ancaman Penyakit yang Mematikan di Indonesia

Hj. Maria Ulfa SST. M.Kes, salah seorang peneliti di Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu . GOOGLE/www.tofonews.com
KABUPATEN DOMPU – Hj. Maria Ulfa SST. M.Kes, salah seorang peneliti di Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu menjelaskan, Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis. Saat ini, Tuberkulosis masih menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia dan masih menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat hingga saat ini.

Menurutnya, semakin tingginya teknologi di bidang kesehatan dalam rangka menekan angka kematian, ternyata tidak membuat ancaman tuberkulosis menjadi lenyap di tengah masyarakat baik di Kota maupun di berbagai penjuru Desa di seluruh tanah air bahkan di seluruh dunia. "Bahkan Tuberkulosis (TB) merupakan salah satu penyakit yang disebut–sebut sebagai ancaman kesehatan yang sangat mematikan," ucap dia.

Kata dia, Beban TB semakin meningkat seiring semakin bertambahnya kasus co-infeksi TB-HIV. Selain masalah HIV-AIDS, lanjut Ulfa, meningkatnya kasus TB ternyata disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah faktor kemiskinan yang meningkat dan resistensi obat terhadap kuman .

Kata dia, kepadatan penduduk hingga masalah perumahan. pun menjadi sarang tumbuh berkembangnya penyakit yang satu ini. Menurutnya, Tuberkulosis menjadi salah satu penyakit yang pengendaliannya menjadi komitmen global dalam SDG’s. 

"Hal ini terbukti dengan adanya target SDG’s yaitu mengakhiri epidemi tuberkulosis pada tahun 2030," terangnya.

Dia menambahkan, berdasarkan laporan WHO bahwa pada tahun 2013 diperkirakan sekitar 9 juta orang terinfeksi TB dan 1,5 juta orang meninggal akibat TB dengan 360.000 kematian pada penderita TB dengan HIV positif.

"Indonesia memiliki angka prevalensi kasus TBC yang cukup tinggi,” tambah Ulfa. (RED*)

Post a Comment Komentar Umum

  1. Faktor yang menjadikn angka kematian semkin meningkan bukan di sebakan oleh penyakit TB melainkan penyakit HIV. sebeb penyakit HIV menyebabkan penurunan pertahanan tubuh terhadap virus yang masuk kedalam tubuh, dan resisten terhadap suatu obat kondisi geografis NTB yang masuk ke dalam daerah yg tropis dan subtropis dapat mempengaruhi pola perkembagan suatu penyakit serta menurunnya angka kemiskinan sehingga dpat mempengaruhi angka kematian pada penyebran suatu penyakit,

    Penyakit TB di sebabkan oleh bakteri tubercollosis sedangkan HIV Di sebabkan oleh virus bukan bakteri tubercollosis

    ReplyDelete

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item