Lingkungan ini Jadi Langganan Banjir Meluapnya Air di DAM Lela

Keadaan banjir saat meluapnya air dari DAM Lela, di RT. 06/02, Kelurahan Jatibaru, Kecamatan Asakota, Kota Bima. FACEBOOK/Iwan Miftha
KOTA BIMA - Seorang warga bernama Iwan yang berhuni di RT. 06/02, Kelurahan Jatibaru, Kecamatan Asakota, Kota Bima mengungkapkan, kawasan rumahnya kerap menjadi langganan banjir meluapnya air yang berasal dari DAM Lela.

Kata dia, meluapnya air yang menuebabkan banjir di DAM Lela merupakan saluran air yang berasal dari wilayah Ncai Kapenta. Dia berharap, DAM Lela bisa dilakukan rehabilitasi keadaan fisiknya. 

"Lingkungan kami di RT/ 06/02 Kelurahan Jatibaru, air yang bersumber dari Ncai Kapenta yang masuk ke DAM Lela, bila meluap selalu memicu terjadinya banjir. Keadaan ini sering kami alami untuk rumah yang tinggal di dekat keberadaan DAM Lela," ucap Iwan, belum lama ini kepada Metromini. 

Dia mengatakan, seandainya DAM Lela direhabilitasi keadaan bangunannya. Secara teknis, keberadaan DAM ini lebih baik dimundurkan lagi. Dan posisi itu akan memberikan lokasi yang lebar dan mampu menampung debit air yang lebih banyak. 

Dia mengaku, sebenarnya, keberadaan air pun cepat kembali normal atau turun saat banjir terjadi. Dan kondisi yang parah, jika tidak segera dimundurkan dan dibuat lebih lebar, keadaan di dekat pasar yang kerap menjadi langganan banjir.

"Jika direhabilitasi. Posisi DAM, kami sarankan agar bisa dimundurkan dan diperlebar keberadaaannya. Kondisi itu akan mengurangi tingginya air. Dan sebenarnya, air yang meluap di sini cepat turun. Namun, kalau banjir datang, yang kasihan adalah di lokasi yang dekat dengan pasar. Air selalu tergenang di sana," tandasnya. 

Di tengah harapan segera di rehabilitasinya DAM Lela. Pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bima, masih dikonfirmasi terkaih keluhan warga ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item