Pondokan Milik Petani Kopi di Wawo Dibakar Orang Tak Dikenal

Pemilik pondokan yang dibakar orang tak dikenal (Israil) saat memberikan laporan di kantor PKH MDM, di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Senin, 26 Februari 2018. METROMINI/Gejod
KABUPATEN BIMA - Kebakaran sebuah pondok milik seorang Kelompok Tani Kopi Oi Rida Sub Wangga Wuwu di kawasan perbatasan Desa Maria Utara, Minggu, 25 Februari 2018 yang dilakukan oleh orang tak dikenal. Pemilik pondok adalah Israil (61 tahun) warga Dusun Kawae, Desa Maria Utara, Kecamatan Wawo, Kabupaen Bima.

Kepala Resort KPH Maria Donggo Masa (MDM),  Kasmin membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, Senin, 26 Februari 2018 kemarin, korban Pak Israil sudah melaporkan langsung di kantor PKH MDM. 

"Memang benar terjadi pembakaran pondok milik Keptan Kopi Oi Rida atas nama Pak Israil dua hari yang lalu. Dan dari pengakuan korban, kejadian ini terjadi sekitar jam setengah sebelas malam," ucap Kasmin di kantornya, Selasa (27/2/2018).

Kata dia, menurut pengkuan korban, kerugian yang dialami pak Israil ini selain uang tunai Rp5 juta. Saru karung kopi yang telah di giling, 14 karung kopi yang belum di giling dab 40 karung glondongan kemiri serta surat-surat emas hangus terbakar.

"Tak hanya itu, ternak milik korban pun menjadi korban akibat ulah orang tak dikenal ini," ujar Kasmin menambahkan.

Koronogisnya, kata dia, di hari Minggu (25/2/2018) malam sekitar jam 22.30 WITA, korban mendengar ada suara motor. Dan saat itu, korban sedang tidak ada di pondokannya dan sedang bercerita di pondok anggota koptan yang lain di sekitar itu.

"Saat sedang berada di pondokan rekannya sesama Koptan. Korban melihat kobaran api yang membakar hangus miliknya. Korban hanya pasrah dan tidak mampu memadamkan api yang ada saat itu,' ungkap dia.

Ia menambahkan, legalitas Koptan Kopi dalam mengelola kawasan negara sudah mengantongi ijin pengelolaan hutan dari kementrian. Lama ijin yang diberikan selama 35 tahun dengan luas kawasan 510 Hektar.

"Ada 285 orang anggota Koptan Kopi di wilayah ini. Dan kasus pembakaran masih di tangani oleh pihak Polsek Wawo yang berkordinasi juga dengan Koramil Wawo serta PKH Maria Donggo Masa," tutur dia.

Di sisi yang lain, Kapolsek Wawo yang didatangi di kantornya belum bisa ditemui. Menurut anggota di kantor itu, sedang turun di lapangan terkait adanya kasus penganiayaan salah seorang Kepala Desa di Wawo. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item