Simulasi Pengamanan Pilkada di Serasuba, Seorang Pol PP Dilarikan ke RS Bhayangkara Polda NTB

Kegiatan simulasi pengamanan Pilkada Kota Bima di Lapangan Serasuba, Kelurahan Paruga, Kota Bima, Rabu, 7 Februari 2018. GOOGLE/www.tribratanews.ntb.polri.go.id
KOTA BIMA - Kegiatan simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang mendemonstrasikan adegan sengketa Pilkada dan Ketua KPU yang disandera kelompok bersenjata, Rabu, 7 Februari 2018. Dalam giat tersebut, seorang Pol PP yang memerankan dari masa yan merasa kecewa dalam pelaksanaan Pilkada Kota Bima mendapatkan kecelakaan yang serius.

Adegan saling serang antara kelomok bersenjata dengan aparat pun menjadi tontonan yang apik pada simulasi yang diadegankan kemarin. Selain itu, situasi di luar kantor KPU yang terletak di Kelurahan Penatoi pun tampak mencekam. Ratusan massa pendukung salah satu Paslon terpaksa dihujani tembakan karena berusaha membakar kantor KPU Kota Bima.

Kejadian tersebut merupakan bagian dari simulasi jajaran Polres Bima Kota dalam mengamankan Pilkada Kota Bima tahun 2018. Dan diakhir adegan, kelompok bersenjata berhasil dilumpuhkan dan diamankan menggunakan mobil baracuda. Selain penyelamatan penyanderaan, Tim Penjinak Bom dari satuan gegana pun melakukan simulasi penjinakan bom yang ditinggalkan kelompok bersenjta di dalam kantor KPU. 

Pantauan langsung Metromini. Saat water canon milik polisi menghujani massa dengan tembakan akibat bentrokan antara aparat dan kelompok massa yang kecewa. Seorang warga terluka dan terpaksa dievakuasi menggunakan mobil ambulance polisi. Walau merupakan bagian dari simulasi jajaran Polres Bima Kota, namun korban yang terhentak sejauh 3 meter setelah dihantam air water canon pun diketahui mengalami luka yang cukup serius.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kecelakaan saat simulasi ini terjadi di Lapangan Serasuba, Kota Bima, kemarin. Korban yang diketahui adalah seorang anggota Pol PP Kota Bima terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara di Mataram. 

"Kegiatan simulasi memang menskenariokan adanya konflik yang terjadi pasca pilkada di Kota Bima. Dan saat ini, kita memang mengupayakan secara maksimal pengamanan dan mempersiapkan diri baik dari posisi tekhnis untuk penjagaan ataupun pelatihan dalam pengmanan Pilkada yang berlangsung di Kota Bima," ucap Kapolres Bima Kota, AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.IK.

Kegiatan simulasi pengamanan Pilkada Kota Bima, Rabu, 7 Februari 2018. GOOGLE/www.tribratanews.ntb.polri.go.id
Ida Bagus menjelaskan, simulasi Sispam Kota ini bertujuan agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing satuan, baik di tingkat pengamanan TPS, Polsek, maupun Polres,” ujar Kapolres beragama Islam itu.

Kapolres menambahkan, inti dari pengamanan ialah mengedepankan langkah preventif serta pelayanan dan pengayoman masyarakat. Ia menyebutkan, simulasi melibatkan sekitar 70 personil Brimob Detasemen A bima, 150 personil polres bima kota dibantu oleh anggota pol pp kota Bima sekitar 40 personil, dan Seluruh jajaran bertindak sesuai tugas fungsinya, dari jajaran Babinkantibmas, Intel, Sabara dan Reskrim. Peralatan taktis di jajaran Polres bima kota pun juga dipergunakan dalam latihan Sispam Kota bima.

Kegiatan yang digelar di lapangan serasuba ini dipimpin langsung oleh Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.I.K bersama Waka Polres Bima Kota KOMPOL Yusuf Tauziri, S.I.K dan Kabag Ops Polres Bima Kota KOMPOL Kasman Husen. Kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bima H. A. Rahman H. Abidin, FKPD Kota Bima, Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima serta para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda di Kota Bima. (RED)


Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

IKLAN BACALEG DPRD KOTA BIMA

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item