Tingkat Kesadaran Warga Rendah, Taman Manggemaci Terbengkalai Pasca Proyek Selesai

Keberadaan taman manggemaci yang kesannya tak terurus saat ini. METROMINI/Agus Mawardy
KOTA BIMA - Seorang warga saat menghadiri acara Silaturahmi dan Deklarasi maupun Pengukuhan Tim MANuFER di Kelurahan Manggemaci yang dihelat disebelah timur dari Taman Manggemaci (Belakang atau sebelah utara Convention Hall Paruga Na'e, Kota Bima). Farhan menyayangkan keberadaan taman yang ada di situ. 

Pasalnya, ratusan juta uang proyek pembangunan taman yang kabarnya bersumber dari Pemerintah Provinsi NTB itu terkesan tak terurus dan terbengkalai pasca proyek pembangunan dilakukan. Keadaan taman yang telah dilengkapi alat penyiram otomatis, bak sampah, leading air dan listrik tampak berserakkan dan rusak karena faktor manusiawi dan tak terawat keadaannya.

"Sayang taman manggemaci ini. Awal pembangunan dulu, sempat ada penolakan dari warga. Dan setelah bagus terawat seperti ini, keadaannya rusak tak terawat dan sayang uang ratusan juta yang kabarnya proyek bantuan dari pemerintah provinsi ini," ujar dia, Kamus, 22 Februari 2018 sore tadi.

Kata dia, keberadaan sampah di taman, kondisi air dan listrik yang padam serta lampu taman dan CCTV yang tampak rusak baik di sengaja dan karena tak dirawat. Harus ada langkah dari pihak dinas terkait di Pemkot Bima dalam menangani masalah ini. 

"Kan sayang juga CCTV yang ada. Pancuran air dan bak sampah rusak dan terawat seperti ini. Kalau mungkin dipihak ketigakan lebih baik dipihak ketigakan atau ngak digaji khusus penjaga dan perawat taman ini oleh pemerintah," tandas dia.

Dia pun mengaku, tingkat kesadaran warga sekitar dalam merawat taman ini cukup rendah. Bayangkan saja, tanaman yang dianggarkan puluhan juta di dalam taman kondisinya sudah miris dan dipetik oleh oknum warga untuk ditanam di rumahnya.

"Ngak sedikit juga tanaman yang ada di dalam tanam. Pohon-pohon yang bagus diduga dipetik oleh warga dan ditanam di rumahnya. Belum lagi keliaran ternak yang semakin membuat kesan taman ini sengaja dirusak oleh warga sekitar dan tak terurus keberadaannya oleh pemerintah," tutur dia.

Ia berharap, kepedulian warga khususnya di lingkungan waki, Kelurahan Manggemaci sebagai sanggahan kehidupan warga atas keberadaan taman ini bisa menjaga keadaan taman menjadi terawat. 

"Dan kepekaan pihak Pemerintah Daerah dalam menanggulangi keberadaan serta kerusakan taman segera diambil langkah perbaikan dengan segera. Sepengetahuan saya ada pengendalinya untuk CCTV di taman yang disimpan di GOR Manggemaci. Ntah berfungsi atau tidak. Wallahu'alam," tutup dia.

Di sisi lainnya, pihak dinas terkait baik dari Pemerintah Provinsi NTB dan Pemkot Bima masih dikonfirmasi terkait keberadaan taman manggemaci yang keberadaannya tak terurus ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item