TPID Kecamatan Pertanyakan Sisa Anggaran 70% ke DPMDes

Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) yang dilaksanakan di kampus STKIP Tamsis, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Kamis (28/12/2017). METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat Kabupaten Bima yang dilaksanakan di aula Kampus STKIP Taman Siswa Bima, di Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Kamis, 28 Desember 2017 lalu masih menyisahkan tanya. Kegiatan yang menggunakan anggaran dari Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di 18 Kecamatan yang menelan angka lebih dari Rp100 juta masih dipertanyakan sisa anggarannya hingga saat ini.


Koordinator TPID Kecamatan Sanggar Firmansyah mengungkapkan, dari anggaran 100% baru yang diperuntukkan bagi masing-masing TPID di setiap kecamatan baru dicairkan 30% saja oleh pihak Pemerintah Daerah,  Dan Peruntukkan anggaran tersebut, kata dia, baru untuk kegiatan BID tingkat Kabupaten yang dialokasikan sebesar 20%. Sementara yang 10% untuk kegiatan pembentukan TPID di masing-masing kecamatan.

"Dari angaran 100% itu yang dicairkan 30 %  saja,  Itupun 20% digunakan untuk kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) yang dilaksanakan di Kampus STKIP Taman Siswa desember 2017 lalu dan 10% untuk pembentukan Tim Bursa Inovasi di tingkat Kecamatan dan Desa," jelasnya, Sabtu, 10 Februari 2018, 

Firmansyah, Koordinator TPID Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. METROMINI/Agus Gunawan
Ia merinci, untuk jumlah total anggaran bagi TPID Kecamatan Sanggar sebesar Rp40.300.000. Dan baru dicairkan 30% atau sekitar Rp12 juta, Dia mengaku, uang yang belum dicairkan diperkirakan masih sekitar puluhan juta rupiah,  Dan bukan Kecamatan Sanggar saja yang mempertanyakan sisa anggaran itu. Tapi 17 kecamatan lain pun masih menanyakan sisa anggaran ini ke pihak DPMDes Kabupaten Bima.

"Anggaran kami yang 70% sisanya mengapa belum dicairkan? Dan kondisi ini sama pula terjadi di TPID Kecamatan lainnya. Dan yang 20% kemarin pun untuk BID, kami pun ingin tahu Surat Pertanggungjawabannya sebagi bentuk pelaporan kami nantinya," pungkasnya.

Sementara itu,  pihak DPMDes Kabupaten Bima lewat Bidang Ekonomi, H. Adnan yang sebelumnya memberikan keterangan tentang kegiatan BID kepada media ini. Setelah dikonfirmasi via selluler pribadinya tak menggubris konfirmasi yang dilakukan Reporter Metromini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item