Dikes: RS STIKES Mataram Masih Mitra Pemkot, RSUD Asakota Ada Sejak Tahun 2017


Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman H. Abidin saat mengunjungi RSUD Kota Bima beberapa waktu yang lalu. GOOGLE/www.koranbstabilitas.com
KOTA BIMA - Persoalan kesehatan menjadi perhatian serius bagi Pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Bima, H. M. Lutfi - Feri Sofiyan. Sebagaimana saat disampaikan oleh Calon Wakilnya, Feri Sofian saat menggelar pertemuan terbatas di Kelurahan Nae. Sabtu (3/3/2018) lalu.

"Jika nanti Allah SWT mengizinkan pasangan Lutfi - Feri menjadi Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Kota Bima. Mereka ingin membangun Rumah Sakit Kota Bima yang menyediakan fasilitas memadai dan menjadi rumah sakit rujukan," ucap mantan Ketua DPRD Kota Bima yang baru mengundurkan belum dari sebulan ini, dilansir dari salah satu situs online di Bima, di Kelurahan Nae, Rasanae Barat, Kota Bima.

"Kita warga Kota Bima belum punya rumah sakit. Selama ini kita hanya berobat di RSUD milik Pemermntah Kabupaten Bima yang berlokasi di Kecamatan Raba, Kota Bima," ungkap dia menambahkan.

Namun, di tengah janji dan keinginan pasangan yang dikenal dengan tag line "Perubahan" itu ternyata keliru. Pasalnya, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari mengungkapkan di Kota Bima ini sudah ada Rumah Sakit Umum Daerah. Dan keberadaannya di lingkungan Ranggo, Kelurahan Nae, Kota Bima. Memang, kata dia, RSUD Bima dikenal awalnya dengan sebutan PKM attau Puskesmas Asakota. 

"Tapi, status PKM Asakota sudah ditingkatkan menjadi RSUD Kota Bima," ucap H. Azhari kepada media ini, Senin, 5 Maret 2018.

Kata dia, dalam atauran yang ada. Untuk RSUD tipe C dan D, ijin operasionalnya cukup dikeluarkan oleh Kepala Daerah. Dan di PKM Asakota, Wali Kota Bima sudah menerbitkan ijin operasional untuk menggantikan statusnya menjadi RSUD Kota Bima. Dan saat ini, sambung dia, RSUD Kota Bima masih tipe D.

Kepala Dikes Kota Bima, Drs. H. Azhari. GOOGLE/www.bimakini.com
Dia menjelaskan, tidak hanya RSUD yang sudah ada di Kota Bima setelah dilakukan visitasi oleh pihak pemerintah provinsi dan ijin operasional dikeluarkan oleh kepala daerah. "Saat ini sudah ada dua PKM yang dibangun seperti di Kelurahan Jatibaru dan Kelurahan Kolo, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat," tandas dia,

"Dan untuk RSUD Kota Bima, saat ini tengah dilakukan registrasi ke Kementrian Kesehatan. Kita melaporkan dan menunggu turunnya saja. Dan perubahan status ini, setelah Wali Kota Bima bangga atas akreditasi yang di dapat oleh PKM Asakota. Di tengah itu pula, untuk memancing perhatian pusat atas peningkatan status yang dilakukan tahun 2017 lalu itu," tambah alumni APDN itu.

Selain itu, lanjut Azhari, untuk pelayanan kesehatan selain yang bersifat dasar dan gratis bagi warga kota  bima yang melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatannya di Puskesmas-puskesmas yang tersebar di Kota Bima. 

"Pemkot Bima sejak tahun 2016 lalu. Sudah bekerjasama dengan RS STIKES Mataram. Jadi, bagi warga Kota Bima yang kondisi kesehatannya darurat, bisa membawa KTPnya ke RS Kota Bima dan melaporkan diri ke Dikes, nanti biaya dan tanggungan perawatannya semua ditanggung pemerintah. Program ini sudah berlangsung lama. Dan bentuk bantuan yang diberikan pun per pasien dalam bentuk kontrak kerjasama dengan manajemen RS STIKES Mataram di Kelurahan Panggi, Kota Bima itu," papar H. Azhari yang sudah menjabat Kadikes bertahun-tahun itu.

Sementara itu, pihak Pimpinan RS STIKES Mataram, Rizal mengaku, kerjasama dengan Pemkot Bima, pada prinsipnya pihaknya sangat terbuka. 

"Jika Dikes masih memperpanjang kontrak kerjasamanya. Kami tentu sangat terbuka. Dan kerjasama yang dilakukan sejauh ini dengan pemkot, bentuk anggarannya tidak glondongan. Tapi, Pemkot mengganti biaya masing-masing warga Kota Bima yang memenuhi persyaratan untuk ditanggulangi pengobatannya secara gratis di RS yang kami kelola saat ini," ucap mantan Calon Wakil Wali Kota Bima dari pasangan Subhan di Pilkada tahun 2013 lalu itu. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item