Illegal Logging di Hutan Wawo, Benar Kata KPH


Kondisi penebangan kayu yang terjadi di kebun kopi warga di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA -  Hutan Sonokling yang terdapat di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima diduga mengalami penjarahan. Hal ini diakui oleh Kepala resort KPH Maria Donggo Masa, Kasmin. Ia pun menduga, terjadinya kebakaran rumah milik salah satu rumah kelompok tani kebun kopi yang menjaga kawasan itu pun ada kaitannya dengan tindakan illegal logging ini.

"Yah, bisa jadi ada hubungannya. Pembakaran terhadap rumah kelompok tani itu dengan dugaan praktek illegal logging yang terjadi di Wawo," ucap dia, belum lama ini, di kantornya.


Ia mengaku, pihaknya kerap melakukan penjagaan rutin di pos pengamanan yang ada di Kelurahan Lelamase, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima. "Cabang tersebut disinyalir menjadi lintas pemuatan kayu dari Kelurahan Lelamase atau dari wilayah timur kabupaten bima," cetus dia.

Sementara itu, wawancara Metromini dengan salah seorang sumber yang mengetahui terjadinya ada tindakan illegal logging di Hutan Wawo menceritakan kondisi yang terjadi di sana. Kata dia, belum lama ini ada tim dari KPH dan anggota kelompok pengelola hutan yang meninjau lokasi hutan yang di dalamnya ada tanaman kopi, Mereka mendengar ada informasi ada kegiatan illegal logging. 

"Nah, setelah sampai di sana benar informasi tersebut. Ditemukan barang bukti kayu balok dan dimusnahkan di hari sebelum kejadian pembakaran dilakukan," ucap dia.


Lanjutnya, siang setelah kejadian, korban pemilik rumah sempat mendapat informasi ancaman dari warga kampung dikeluarkannya kayu hasil illegal logging itu. "Malam itu korban tidak berani diam di rumah dan memilih nongkrong di rumah atau dipondokan tetangganya," terangnya.

Kata dia, setelah korban melihat beberapa sepeda motor ke arah rumahnya munculah kobaran api di hari Minggu, 25 Februari 2018 malam itu. Dia memperkirakan, korban yang rumahnya terbakar ini mencurigai bahwa pemilik pondokan itu memata-matai aktivitas oknum warga yang menebang sonokling di areal kebun kopi itu. 

"Kondisi sonokling saat ini cukup memprihatinkan. Bisa habis semua sonokling di area tanaman kopi orang asal Kecamatan Wawo itu," jelasnya.

Ratusan kayu sonokling asal Hutan Wawo yang diamankan oleh Sat Reskrim Polres Bima Kota. METROMINI/Dok
Ia pun mengaku pernah turun dan mengcek lokasi yang ada di sana. Dia melihat tanaman kopi warga hancur gara-gara ditindis oleh pohon-pohon yang mereka tebang. "Untuk pelakunya saya belum tahu persis. Ini bisa dibilang penjahat penyebab banjir di Kota Bima," pungkasnya.

Ia menjelaskan, status hutan dikelola oleh kelompok KPH Kecamatan Wawo. Mereka mengantongi SK dari Kementrian. Namun yang nakal ini sebenarnya warga salah satu Kelurahan yang ada di Kota Bima. "Orang Wawo yang tanam, mereka yang menghancurkan. Kesal juga kita ini. Kasian orang Wawo yang mengurus hutan itu," ungkapnya

Ia pun menegaskan, pihak Kehutanan tahu jelas ada masalah di sana. Kelompok setiap saat melapor ke mereka ada gangguan di hutan di sana, "Makanya beberapa waktu lalu pernah ditindaklanjuti dan dimusnahkan puluhan balok kayu di lokasi itu," ceria dia.

"Dan buntut dari itu oknum illegal logging ini. Sehigga rumah anggota kelompok yang menjaga hutan itu dibakar. Mereka ngak mau kalau kelompok ini melaporkan kegiatan mereka. Kasihan petani kopi di sana," ucapnya.

Tak hanya saat ini, kata dia, di tahun 2017 lalu ketika Kehutanan turun ke lokasi dengan kelompok sebelum kejadian kebakaran itu, pihaknya pernah mengusir orang-orang yang diduga menebang kayu itu ke lokasi. "Kuat dugaan pula karena barang bukti berupa balok kayu yang siap diangkut ditemukan di lokasi dimuskahlan dengan cara dibakar. Makanya cukong kayu itu ngamuk. 

Kata dia, untuk kebun kopi membutuhkan tumbuhan pelindung. Termasuk sonokling itu. Dengan hilangnya Sonokling, tanaman kopi itu akan sulit tumbuh. "Makanya warga kasian di sana. Sementara di wawo saat sekarang potensi ekonomi masyarakat masih rendah. Makanya diberi ijin pengelolaan. Dan kalau sudah ada kopi ngak ada warga yang berani tebang kayu di hutan, Takut kebun kopinya terganggu. Ini permainan cukong kayu yang maling di sana," papar dia.

Di sisi lainnya, informasi yang dihimpun media ini. Pihak Kepolisian Resort Bima Kota belum lama ini telah menangkap 1 unit truck bermuatan 200 balok kayu jenis sonokling, Senin 12 Februari 2018 lalu. Pengungkapan ini dilakukan oleh KPH Maria Donggo Masa yang selalu melakukan penjagaan rutin di cabang tiga Keurahan Nungga yang mengarah ke lintasan jalan Kelurahan Lelamase. 

Dan oleh personil Opsnal Sat Reskrim Polres Bima Kota mengamankan satu unit truck isuzu NKR 71 HD E2-2 dengan nomor polisi F 8660 AU yang memuat ratusan batang balok kayu sonokling dengan berbagai ukuran tanpa mengantongi surat-surat dan dokumen dari pihak terkait. 

Terkait dengan penanganan ratusan kayu balok jenis sonokling ini, pihak Polres Bima Kota masih dikonfirmasi lebih lanjut. (RED)


Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item