Kades Waduruka Janji Selesaikan Pagar Pustu Dalam Beberapa Hari

Kades Waduruka, Kecamatan Langgudu saat menyerahkan uang kepada tukan dalam rangka menyelesaikan proyek pagar pustu. METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Sorotan warga tetang pekerjaan Pemdes Waduruka, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima pada pembangunan pagar pustu yang menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2017 lalu ditanggapi oleh Kepala Desa (Kades) Waduruka, Ramlin, S. Pd.


Menurut Ramlin,  pekerjaan tersebut memang terlambat. Faktor keterlambatan ini disebabkan karena keadaan cuaca yang buruk yang mengakibatkan mobil pembawa material tidak bisa jalan ke sana. 

"Memang kita akui ada keterlambatan penyelesaian pekerjaan pagar pustu itu. Kendalanya karena cuaca buruk sehingga bahan yang dibutuhkn tidak bisa diangkut masuk lantaran jalanannya yang licin. Mau lewat laut kita juga hitung-hitungan berapa kali buruhnya. Dis itu sangat makan biaya banyak, sehingga kita menunggu waktu yang pas," ucap Kades via pesan WhatsApp miliknya, Senin, 26 Maret 2018.

Kata dia,  pengalaman tahun 2017 lalu menjadi pelajaran yang berharga. Banyak pelajaran dan di tahun ini, pihaknya kita ingin ambil resiko dalam pelaksanaan pekerjaan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa. Selain itu, faktor lainnya yaitu pihak pelaksana kegiatan, tidak mau selesaikan program yang sudah dikerjakan sebelumnya.

"Kita belajar dari tahun lalu dan saya sebagai penanggung jawab tidak mau menanggung resiko untuk pembangunan di tahun ini. Pemegang program tidak menyelesaikan pembangunan proyek itu, padahal sudah kita kasih semua anggarannya. Akhirnya kami juga yang repot seperti sekarang ini," ungkap dia..

Untuk kegiatan pembangunan pagar pustu tersebut, kata dia,  pihaknya menahan gaji tukang. Langkah ini bukan berarti uangnya 'dimakan' oleh Pemerintah Desa. Karena melalaikan pekerjaan itu makanya uang tukang ditahan dan sebagai langkah antisipasi saja. Diakuinya, Pemdes dalam waktu dekat ini akan menyelesaikan pekerjaan pagar pustu tersebut. 

"Tidak mungkin kami tidak menyelesaika pekerjaan itu karna itu tanggung jawab kami sebagai penanggung jawab anggaran yang ada. Mengapa pagar pustu belum selesai? Karena kami menahan gaji tukang. Bukan berarti kami makan gaji tukang ini. Kami ambil langkah ini sebagai antisipasi aja," jelasnya.

"Dan dalam waktu dekat (sore kemarin, red) saya akan menyerahkan uang ke tukangnya. Dan jika tidak ada halangan, besok (hari ini, red), proyek ini sudah mulai dikerjakan lagi. Pekerjaan itu dalam beberapa hari saja akan selesai," janjinya menambahkan. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item