Tak Ada Hujan di Pemukiman, Banjir di Tambe Pertama Kali dan Terbesar yang Terjadi

Kondisi banjir yang terjadi di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Senin (5/3/2018) lalu. METROMINI/Dok

KABUPATEN BIMA - Warga di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima tiba-tiba dikagetkan dengan kehadiran banjir bandang 'kado' dari Sungai Lante atau Sori Lante yang ada di wilayah desa setempat. Sedikitnya delapan Rukun Tetangga (RT) pemukiman warga yang ada di Desa Tambe, tergenang air banjir kiriman dari gunung yang terjadi, Senin, 5 Maret 2018 sekitar pukul 16.00 WITA sore lalu itu.


"Air meluap dan merendam rumah warga ada delapan RT di Desa Tambe. Ketinggiannya selutut orang dewasa," ujar Muhtar, Senin lalu.

Kata Muhtar, tidak hanya sekedar meluap dan merendam rumah-rumah warga. Tapi harta warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai desa setempat itu ada yang hanyut terseret banjir. Bahkan, jagung milik warga yang tadinya dijemur di Lapangan Fajar, Desa Tambe pun juga ikut hanyut di bawa arus banjir.

"Kerusakan lainnya akibat banjir yang terjadi, sarana dan prasarana umum seperti pagar polindes Desa Tambe sudah ambruk," jelas Ketua BPD Desa Tambe itu.

Dia mengatakan, dibalik musibah banjir yang terjadi, tidak ada korban jiwa. Warga hanya mengalami kerugian materi yang ditaksirkan mencapai sekitar ratusan juta. Dia pun mengaku, banjir kali ini adalah merupakan banjir yang paling besar dan tidak pernah terjadi sebelumnya. 

"Banjir hari ini adalah sejarah. Karena selain besar dan di Tambe belum pernah terjadi banjir sebelumnya," terangnya.

Dia pun  mengaku, kondisi cuaca di Tambe pada wilayah pemukiman tidak terjadi hujan. Tapi, di wilayah pegunungan dan sekitarnya memang hujan yang terjadi cukup deras. "Banjir ini merupakan air kiriman dari gunung yang sudah tandus keadaanya akibat pembalakan liar yang dilakukan," terang dia.

Di tengah musibah yang terjadi. Selasa, 6 Maret 2017 kemarin, rombongan dari jajaran Pemerintah Kabupaten Bima sudah turun ke Desa Tambe dan memberikan bantuan serta melakukan penanggulangan bencana yang dialami warga di sana. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item