The Great Camp of Tambora Gelar Pendakian Bersama


Ilustrasi pendakian di Gunung Tambora, Kabupaten Bima. GOOGLE/Image
KABUPATEN BIMA - Selama empat hari, dimulai tanggal 13 sampai dengan 16 April 2018 mendatang, The Great Camp Tambora menggelar pendakian bersama di kawasan Taman Nasioanal Gunung Tambora lewat jalur pendakian di Desa Kawinda To’i, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima. Kegiatan ini bertema "Berkarya untuk Bangsa"

Ketua panitia The Great Camp of Tambora, Agus Farhan, S.Pd.I menjelaskan, kegiatan pendakian secara bersama ini diikuti oleh peserta yang merupakan bagian dari berbagai Kelompok Pecinta Alam dan Pendaki Gunung di Bima dan dari luar daerah Bima.

Agus menjelaskan, pada kegiatan pendakian ini, akan dirangkaikan dengan acara sarasehan yang merupakan agenda utama sebagai media untuk bermusyawarah para kelompok pecinta alam dan pendaki gunung. 
"Di acara sarasehan nanti, “The Great Camp of Tambora” akan membahas pula tentang isu–isu lingkungan hidup. Momentum ini pun menjadi ajang berpendapat terkait eksistensi Organisasi Pecinta Alam di masa mendatang," jelas lelaki pecinta alam yang akrab dipanggil Goro itu, pada Metromini, Rabu (28/3/20-18) malam lalu.  

Ilustrasi. GOOGLE/Image
Jelasnya, kegiatan ini pun dibungkus dalam kegiatan subuh berjamaah. Pencnta Alam harus mampu bersinergi dengan program pemerintah yang sedang mengupayakan dan menggalakkan semangat kehidupan ummat Islam dari berbagai kalangan masyarakat saat ini. 

“Pemutaran film dokumenter tentang Tambora juga menjadi mata acara lain dari kegiatan yang akan kami gelar. Harpaannya, masyarakat Bima dapat mengetahui sejarah tentang letusan GunungTambora yang maha dahsyat--yang berimplikasi pada perubahan iklim dan peradaban manusia dua abad silam,” jelasnya.

Tidak itu saja, Goro mengatakan, pendakian bersama ini, akan ada kegiatan pembersihan jalur pendakian. Pembersihan jalur dimaksudkan, sampah–sampah yang berasal dari bekas makanan dan minuman para pendaki dalam pendakian yang berserakan dan berceceran mengotori jalur, akan dilakukan pembersihan selama kegiatan pendakian berlangsung nantinya. 

"Sebagai peserta pada kegiatan pendakian bersama itu, kelompok pecinta alam dan pengiat alam bebas baik lokal maupun nasional sudah ada belasan kelompok yang menyatakan kesiadaannya bergabung di kegiatan ini," jelas dia.

"Sengaja, kami mengundang seluruh pencinta alam dan pegiat alam bebas untuk bergabung pada pendakian bersama tersebut demi kelestarian alam tambora dan destinasi wisata andalan masyarakat Bima dan Dompu dapat lebih diminati pengunjung dari berbagai belahan dunia,” ungkap Goro mengakhiri keterangan persnya. (RED*)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item