Mutasi Kasek Baru, Dua Kadis Beda Pendapat

Kepala Dinas Dikbud, Drs H Alwi Yasin MAP.. METROMINI/Aris
KOTA BIMA - Isyarat mutasi dijajaran aparat Pemkot Bima sebagaimana disampaikan Wali Kota Bima beberapa waktu lalu, rencananya akan dihelat selepas Wali Kota pulang menunaikan ibadah umroh.


Mutasi sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, Drs. H. Supratman MAP, bukan saja di jenjang struktural tetapi juga mengisi jabatan fungsional pada sejumlah Kepala Sekolah (Kasek) yang dalam kondisi kekosongan jabatan.

Nah, pada konteks pengisian jabatan kasek disejumlah sekolah yang lowong, terjadi beda pendapat antara Kepala BKPSDM dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud).

Apa pasalnya? Supratman mengaku untuk Kasek yang baru diangkat, akan ditempatkan pada sekolah-sekolah pinggir kota. Untuk kasek yang menjabat lama akan diutamakan penempatannya saat mutasi nanti, disekolah-sekolah jantung kota.

“Ini untuk memberikan penghargaan pada kasek yang sudah lama mengabdi. Sementara untuk kasek yang baru menjabat diuji dulu dedikasi dan pengabdiannya,”ujar Supratman beberapa waktu lalu pada Metromini.

Kebijakan Kepala BKPSDM berencana menempatkan sejumlah kasek yang baru diangkat itu, menuai tanggapan Kepala Dinas Dikbud, Drs. H. Alwi Yasin MAP.

Kata Alwi, bicara penempatan kasek itu sekedar memberikan penghargaan pun menguji dedikasinya. Penempatan kasek harus diliaht dari kualitas dan kompetensinya. 

“Tidak semua kasek yang sudah lama mengabdi memenuhi kompetensi itu. Kasek yang baru juga memiliki kemampuan untuk menempati sekolah di jantung kota,” ujarnya saat dikonfirmasi Metromini Selasa (24/4/2018) di ruang kerjanya.

Kalau bicara mutu penempatan kasek lanjutnya, harus berdasarkan kompetensi terutama soft kompetensi karakter diantara inovasi dan kreativitas. 

“Tidak sedikit yang senior (Kasek yang sudah lama mengabdi) yang gagal sehingga jangan sekolah sudah bagus tapi justru terpuruk,”  timpalnya.

Soal penempatan Kasek di lingkup Dinas Dikbud. sambungnya, telah menyampaikan telaahan teknis terkait penemempatan dan penunjukan kasek yang baru diangkat pada PKPSDM. 

“BKPSDM tinggal melihat data itu saja,” tutupnya. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item