Pekan Lalu, LSM LPPK-NTB Laporkan Dugaan Pungli Try Out 18 UPTD ke Kejati NTB

Ilustrasi. GOOGLE/Image
KABUPATEN BIMA - Kasus dugaan pungutan liar (Pungli) biaya try out yang terungkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala dan staf di UPT Dinas Dikbudpora Kecamatan Bolo yang belum jelas temuan unsur pidananya itu, masih menuai atensi sejumlah pihak.

Kali ini, desakan penyelesaian kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) pungli try out tersebut dilaporkan oleh LSM LPPK NTB. Tidak tanggung-tanggung, laporannya diarahkan langsung ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB, pekan lalu.

Ketua LSM LPPK NTB, Sukriadin mengatakan, pihaknya resmi melaporkan peristiwa OTT dugaan pungli try out tersebut pada Kejati, untuk ditindaklanjuti sebagai proses hukum yang berlaku. Katanya, dugaan pungli biaya try out tahun 2018 yang melibatkan 18 UPT Dikbudpora sebagai pihak terlapor.

“Saya sudah memasukkan surat pelaporan ke-Kejati NTB, jadi sudah menjadi tugas pihak Kejaksaan untuk melakukan pemanggilan, penyelidikan dan penyidikan terhadap terlapor. Dan LSM LPPK-NTB sebagai pelapor akan tetap melakukan pengawalan proses yang setiap saat siap membantu kejaksaan dalam pengungkapan kasus ini terutama dalam menghadirkan saksi dan penunjukan bukti” katanya, Kamis, 6 April 2018 lalu


Ia menjelaskan bahwa pelaporan yang dilakukannya tersebut berdasarkan penyerapan informasi lembaganya mengenai dugaan pungli biaya try out dari dana BOS yang ditarik pihak UPTD dengan besaran anggaran yang variatif sebesar Rp35 ribu hingga Rp50 ribu per siswa.

Terkait kasus ini, sambung dia, Kabid Dikdas Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Hj. Jubaidah pun diadukan sebagai terlapor. Sebab, sebelumnya Hj. Jubaidah membenarkan adanya pungutan liar biaya try out itu berdasarkan hasil keputusan rapat. 

"Ini mestinya menjadi salah satu bukti awal bagi Kejati NTB untuk memeroses lebih lanjut peristiwa OTT pungli tersebut,” jelasnya. 

Sementara itu, pihak Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, informasi yang dihimpun, membantah terlibat dalam kegiatan penarikan dana BOS oleh pihak UPTD itu. (RED)







Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN CALEG DPR RI

Iklan Ideal Family Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Instal Metromini di Android Anda

Suara Anda

item