Dinilai Rajin Turun, Warga Empang Bawa Berharap H. M. Syafrudin Terpilih Lagi

Anggota DPR RI dari NTB, HM. Syafrudin, ST, MM, membaur bersama warga Desa Empang Bawa, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, di sela kegiatan Nuja Rame yang digelar warga setempat, Senin (28/5/2018). METROMINI/Dok
SUMBAWA - Warga Desa Empang Bawa, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, berharap agar Anggota DPR RI dari NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, bisa kembali mewakili masyarakat Sumbawa di Pemilu 2019 mendatang. Harapan itu disampaikan mengingat kiprah H. M. Syafrudin selama ini yang dinilai rajin turun menyambangi masyarakat.

Warga Empang Bawa, H. Haksan, menjadi salah seorang yang mengutarakan harapan itu setelah mencermati kiprah HM. Syafrudin, selama menjadi wakil rakyat NTB di Senayan. “Selama ini kita tahu beliau karena sering hadir di wilayah kami,” ujar Haksan saat dikonfirmasi wartawan, usai mendampingi HM. Syafrudin yang berkunjung ke desa tersebut, Senin (28/5/2018).

Hari itu, warga Empang Bawa memang tengah menggelar hajatan tradisional yang juga diniatkan untuk penggalangan dana pembangunan masjid di daerah mereka. Hajatan ini bernama Nuja Rame yang dalam bahasa Indonesia berarti menumbuk padi berama-ramai.

Menurut Haksan, Nuja Rame merupakan tradisi tahunan yang masih dipertahankan masyarakat setempat hingga saat ini. “Di situ ada alat tumbuk padi, ada dendeng. Nah, di situ kemarin beliau hadir bersama kami. Beliau hadir tepat pada waktunya karena bersamaan dengan kegiatan yang digelar masyarakat kami,” ujar Haksan.

Haksan menilai, Syafrudin masih merupakan sosok yang tidak membatasi diri dalam bergaul dengan siapa saja. Ia juga merasa bersyukur memiliki wakil rakyat seperti Syafrudin yang tidak membutuhkan formalitas untuk hadir memenuhi hajatan warganya. 

“Beliau itu hanya mengetahui dari saya, kemudian ada masyarakat lain, akhirnya beliau itu ikut berbagi dengan kami kemarin. Tidak ada undangan resmi dengan kami,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, Syafrudin juga ikut memberikan andil dengan memberikan bantuan untuk pembangunan masjid.

Menurut Haksan, Syafrudin juga menunjukkan dedikasi yang luar biasa karena kerja kerasnya mengantarkan langsung bantuan berupa kursi ke hampir seluruh desa di NTB selama masa jabatannya. “Kemarin pemdes, diberi kursi setiap desa. Sebanyak 25, masing-masing desa di Kecamatan Empang. Ini luar biasa,” ujarnya.

Karena itulah, Haksan berharap, pada Pemilu 2019 mendatang, HM. Syafrudin bisa kembali terpilih menjadi wakil masyarakat Pulau Sumbawa yang akan membawa aspirasi masyarakat di Pulau Sumbawa. 
“Semoga bisa beliau perjuangkan. Karena selama ini memang beliau tidak pandang status sosial, sama siapa saja beliau berteman. Tadi malam bahkan saya sampai bicarakan beliau dengan istri dan keluarga itu sampai lama sekali,” ungkap Haksan. 

Sementara itu, H. M. Syafrudin juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan penggalangan dana yang digelar oleh warga desa tersebut.

“Acara ini menghimpun dana dalam rangka pembangunan masjid di desa. Itu kan luar biasa. Saya berkesempatan hadir pada saat itu, sekaligus bersilaturahim dengan masyarakat setempat dan memberikan bantuan juga untuk kelanjutan pembangunan masjid itu,” ujarnya.

Syafrudin menegaskan, terobosan yang dilakukan masyarakat dengan memadukan pendekatan kerjasama semacam ini membuktikan bahwa pembangunan di desa sesungguhnya bisa dimaksimalkan dengan mendorong tumbuhnya semangat kebersamaan dalam membangun.

Karena itulah, ia menilai metode semacam ini sangat bagus dan patut diadaptasi dalam proses pembangunan di desa. Selain membangun masjid, masyarakat juga bisa membangun sendiri infrastruktur lain yang mereka butuhkan, asalkan ada kemauan untuk bekerjasama.

“Konsepnya kemandirian dari masyarakat sekitar. Pola seperti ini sangat bagus sekali kalau bisa diadaptasi dalam pembangunan fasilitas infrastruktur lainnya yang dibutuhkan masyarakat. Karena ini menggabungkan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya. (RED*)


Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item