Dari Penyeru Maksiat Jadi Penyeru Taat

"Inspirasi dari Hari Moekti, Mantan Rocker yang Jadi Da'i"


Almarhum Hari Moekti, mantan rocker Indonesia yang saat ini menjadi da'i menghembuskan nafasnya yang terakhir, Minggu (24/6/2018) malam, di Rumah Sakit Dustira. GOOGLE/www.viva.co.id
Oleh: Marhamah Junaidin*

OPINI - Kabar duka datang dari dai dan juga mantan rocker Indonesia, Hari Moekti, Minggu (24/6/2018) malam, di Rumah Sakit Dustira. Hari Moekti dikabarkan meninggal dunia pada pukul 20:49 WIB di Cimahi, Jawa Barat. Kabar duka itupun menyebar di lini masa sosial media dengan sangat cepat.

Dalam perjalanan hidup almarhum, sosok Hari Moekti mungkin tidak akrab di telinga generasi zaman kekinian atau sering disebut zaman now. Akan tetapi, Hari Moekti, namanya sangat akrab dalam kehidupan angkatan ibu, bapak atau bahkan kakek-nenek mereka. Seperti diketahui, sosok Hari Moekti sangat akrab di kalangan dunia artis-selebritis, kalangan para dai, ulama, pendakwah dan termasuk salah satu mantan artis yang konsisten dalam agamanya pasca berhijrah dan meninggalkan dunia selebritis.

Hari Moekti adalah seorang rocker dulunya. Sekarang, dia telah menjelma menjadi seorang Dai. Namanya pun berubah dan lebih sering disebut M. Khoir Hari Moekti menjelang ajalnya. Tak pelak, perjalanannya menjadi salah satu inspirasi untuk berhijrah.

Perubahan pada kehidupan almarhum, tentu proses hijrahnya itu sangat menginspirasi banyak orang untuk berani mengambil langkah besar memilih kepentingan akhirat dan membela agama yang diyakininya. Meski kekayaan dan kesenangan dunia harus dikorbankan dan menanggalkan ketenaran saat berada di puncak karir duniawi, proses jalan hijrah yang tak mudah dan penuh onak pun dipilihnya.

Sosok HariMoekti bisa dibilang sebagai pelopor hijrahnya para artis atau selebritis. Dimulai dari masa beliau, bermunculan para selebritis merubah gaya hidup mereka. Dari yang hedonis menjadi agamais.

Jika sekarang banyak artis berhijrah, tidak berlebihan jika pun ada pengaruhnya dari sosok bernama lengkap Hariyadi Wibowo itu. Kondisi ini, menjadi motivasi bagi generasi dan kita semua dalam menyaksikan kisah Ustadz Hari Moekti yang berani meninggalkan segala gemerlap dan kemudahan hidupnya, demi mencari keridhoan pencipta-Nya. Sungguh, motivator hidup yang konsisten dalam perjalanannya hijrahnnya dan istiqomah hingga akhir hayatnya.

Almarhum Hari Moekti, mantan rocker Indonesia yang saat ini menjadi da'i menghembuskan nafasnya yang terakhir, Minggu (24/6/2018) malam, di Rumah Sakit Dustira. GOOGLE/www.viva.co.id
Profesi almarhum dulunya dikenal sebagai penyeru kemaksiatan. Dan setelah berhijrah dia berubah total menjadi penyeru ketaatan. Tidak sedikit kaum muda yang akhirnya berubah menjadi lebih baik, terinspirasi dari jejak beliau.

Sekarang, sosok itu telah pulang, kembali pada Sang Pencipta di tengah kesibukan dan padatnya aktivitas dakwah almarhum dengan kondisi penyakit jantung yang diidapnya selama ini. Dan atas kehendak Illahi, Ahad (24/6/2018), pukul 20:49 WIB, Allah memanggilnya kembali di saat besoknya (25/6/2018), almarhum direncanakan akan mengisi tabligh akbar di Masjid ABRI bersama Ray Syahreza mantan vokalis Nine Ball.

Semoga Allah mengampuni segala khilaf dan dosa almarhumselama hidup dan menerima segala kebaikannya serta diganjar pahala dan surga tertinggi. Dari laki-laki yang meninggalkan 4 anak ini, banyak pesan yang bisa diambil baik terkait motivasi untuk para muallaf, maupun ajakan untuk kaum muslimin yang masih nyaman dalam kemaksiatan untuk segera keluar dari kubangan itu. 

Almarhum selama hidup tidak pernah lelah dan berhenti menyeru serta mengajak untuk kembali pada Islam secara sempurna, menyeluruh yakni Islam kaffah. Itulah berislam tanpa mengambil sebagian tapi meninggalkan sebagian. Berislam haruslah menyeluruh bukan setengah-setengah. 

Semoga segala dakwah dan ibadahnya yang lain menjadi penolongnya di Hari Peradilan kelak. Aamiin.. (RED)

____________
*) Penulis adalah seorang pendidik, Co. Akademi Menulis Kreatif Regional Bima, an beberapa kali mengikuti forum Hari Moekti serta berinteraksi dengan salah satu putri almarhum selama di Bogor, Jawa Barat.

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

IKLAN BACALEG DPRD KOTA BIMA

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item