Jelang Lebaran, Pokdarwis Desa Piong Benahi Kawasan Wisata "Oi Tampiro"

Proses pembenahan kawasan mata air tampiro di Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima oleh para pemuda setempat yang masuk dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Menyambut Idul Fitri 1439 yang akan dihelat beberapa hari ke depan, Ketua BUMDes Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima melakukan pembersihan di lokasi wisata mata air tampiro. Kegiatan itu melibatkan personalia BUMDes Piong dan Karang Taruna "Kijang Mas" serta para pemuda asal desa setempat yang didampingi oleh anggota Babinkamtibmas Polsek Sanggar.

Ketua Bumdes, Harsim mengatakan,  kegiatan ini dilakukan pemuda asal Desa Piong dalam bentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Piong. Tujuannya, demi menjaga kebersihan tempat wisata Mata air Tampuro dalam menyambut pengunjung yang biasanya datang bersama keluarganya setelah pasca idul fitri.

"Kegiatan ini adalah bentuk program dari unit usaha sadar wisata dalam organisasi BUMDes, yang juga melibatkan anggota Karang Taruna,  pemuda piong dan Babinkamtipmas. Kegiatan pembersihan ini sudah sejak dua hari yang lalu dilaksanakan," ungkap Harsin, Jum'at (8/6/2018), kemarin.

Kondisi kawasan mata air tampiro di Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima yang berdekatan dengan posisi pantai. METROMINI/Agus Gunawan
Baca juga: Kawasan Mata Air Tampuro "Masih Perawan", Pemerintah Enggan Kembangkan

Kata dia, dalam pengelolaan kawasan wisata mata air tampuro ini akan ditata juga agar lebih menarik dan berbeda keadaan dari sebelumnya. Dan juga, selain membuat kawasan lebih indah, di momen lebaran ini akan dilaksanakan juga kegiatan yang bisa memotivasi kreatifitas bagi para pemuda.

"Intinya, kawasan wisata ini akan ditata lebih indah, lebih bagus dan akan dirawat secara intensif keberadaannya. Dan tanggal 17 Juni 2018 nanti, akan kami buat hiburan untuk para pengunjung yang hadir di mata air tampuro," ujarnya,

"Selain  itu, kami pun  mulai menata areal parkiran dan kendaraan tidak lagi bisa masuk ke dalam kawasan rekreasi. Dan juga posisi yang jualan pun akan mulai di atur agar terlihat rapi," tambah dia,

Ias pun berharap, pihak Pemerintah Desa Piong dan Pemerintah Kabupaten Bima melalui dinas terkait bisa membantu kekurangan fasilitas yang ada di dalam areal mata air tampiro.

"Kawasan mata air ini akan kami kelola dengan baik. Harapannya, pihak pemerintah baik di tingkat desa dan pemerintah daerah bisa membantu kekurangan fasilitas yang menjadi keluhan pengunjung selama ini. Seperti, adanya tempat untuk istrahat atau biasa disebut baruga, tempat ibadah dan WC atau ruangan ganti yang memadai," ungkap dia penuh harap. (RED | ADV)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item