4 Tahun Diresmikan, BUMDes "Oi Lawu" Desa Boke-Sape Disorot Warga

Ilustrasi. GOOGLE/Image
KABUPATEN BIMA - Warga asal Desa Boke, Kecamatan Sape, Heri Din mengungkapkan, keadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bernama "Oi Lawu" di Desa Boke, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima didirikan sejak tahun 2015 lalu. Kata Heri, dalam empat tahun terakhir keberadaan BUMDes tersebut tidak ada pertanggung jawaban anggara dari para pengelola dan selaku masyarakat Desa Boke mempertanyakan masalah ini. 

"BUMDes di Desa Boke sudah diresmikan sejak tahun 2015 lalu. Namun selama 4 tahun keberadaannya. selaku masyarakat di sini, kami tidak pernah mendengar ada pertanggungjawaban (SPJ) dari para pengelola baik soal anggaran dan tentang program usaha yang berjalan dan ke depanya nanti yang direncanakan itu bagaimana?," terang Heri, Kamis, 12 Juli 2018.

Dia menegaskan, kepada pengelola BUMDes maupun ke pihak Pemerintah Desa, agar segera menyelesaikan SPJ BUMDes "Oi Lawu" dalam 4 tahun terakhir ini. Kata dia, pihak warga di Desa Boke pun ingin mengetahui kejelasan soal pembangunan gedung, pengadaan barang seperti mesin isi ulang dan juga tong tanki yang dibeli dari dana BUMDes yang diperuntukkan dalam penyimpanan air bersih.

Dia menyebutkan, selain peralatan di atas, kabarnya BUMDes "Oi Lawu" juga mengadakan pembelian galon pengecer, ada pengadaan mobil pick up  dan juga rumornya telah membebasan lahan/Tanah untuk pembangunan gedung atau kantor BUMDes.

"Beberapa item pengadaan seperti mobil pick up, pembebasan lahan dan juga bangunan gudang serta pengadaan alat untuk usaha yang dilakukan oleh BUMDes "Oi Lawu", kami selaku warga ingin mengetahui seberapa jauh anggaran yang diterima dan seberapa banyak barang yang dibeli dan bagaimana keunganannya saat ini," paparnya.

Untuk itu, kata dia, melihat aktivitas yang tidak meningkat pada implementasi program dan pendapatan. Kinerja BUMDes "Oi Lawu" perlu dilakukan evaluasi, 

"Tawaran  ini, hanya suara dari masyarakat kecil. Intinya, kritikan ini demi menyelematkan keuangan desa dan peringatan bagi semua BUMDes se Kabupaten Bima," tambah Heri.

Di sisi lain, pihak pengelola BUMDes dan Pemdes Boke, Kecamatan Sape masih diupayakan untuk dikonfirmasi. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

Instal Metromini di Android Anda

IKLAN BACALEG DPRD KOTA BIMA

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

item