Anggaran KNPI Kota Bima Dipertanyakan? Soal Caretaker, Pemuda Minta DPD I Jangan "Omdo"

Aktivis Aliansi Peduli Bima, Usman alias Soma. FACEBOOK/Bumi Nugroho
KOTA BIMA - Kevakuman pada tubuh DPD II KNPI Kota Bima di bawah kendali Ketua Dzul Amirulhaq yang sudah melewati setahun dari masa periode pengurusannya kian disorot saja. Ketua KNPI Kota Bima yang dimintai tanggapannya atas kevakuman ini pun enggan menanggapi sorotan pemuda. 

Pada pemberitaan sebelumnya dikabarkan. Ketua DPD I KNPI NTB, Hamdan Kasim yang mengakui kepengurusan DPD II KNPI Kota Bima yang sudah lama berakhir sejak tahun 2017 lalu. Hamdan mengaku, akan segera menentukan pejabat Ketua (Caretaker) untuk memulihkan roda organisasi dan segera dilakukan Musyawarah Daerah (Musda) untuk keadaan di DPD II KNPI Kota Bima.


Ungkapan yang disampaikan Hamdan sepekan yang lalu itu pun belum ada tindakan yang jelas saat dikonfirmasi kembali. Keadaan ini pun membuat pemuda lainnya, Usman alias Soma mempertanyakan sikap yang serius kepada DPD I KNPI NTB.

Aktivis Aliansi Peduli Bima itu pun mengungkapkan, semestinya Ketua atau pengurus DPD II KNPI Kota Bima menunjukkan sikap yang bertanggung jawab atas kevakuman yang terjadi saat ini. Selain itu, Ketua KNPI Kota Bima juga harus menjelaskan alasan kevakuman termasuk dengan anggaran dana pembinaan organisasi dari Pemerintah Daerah atau dari pihak lain selama ini. Sebab, di Kota Bima, kiprah KNPI yang terdengar hanya nama pengurusnya saja, sementara kegiatan kepemudaaan, bisa dibilang nihil gaungnya dalam beberapa tahun terakhir ini.

"Kami meminta kepada Keta KNPI Kota Bima untuk mau memberikan keterangan persnya terkait alasan kevakuman dan juga penggunaan uang pembinaan organisasi yang selama beberapa tahun terakhir mendapat bantuan dari Pemda Kota Bima atau mungkin juga ada dari pihak lainnya. Demikian pula soal pernyataan Ketua KNPI Provinsi yang akan menentukan Caretaker itu jangan omong doang (omdo)," tegas Soma, pemuda asal Kelurahan Serae, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima via ponselnya, Selasa, 17 Juli 2018.


Kata Soma, sebagai seorang ASN dan mantan aktivis senior di Bima, Ketua KNPI Kota Bima, saudara Dzul Amirulhaq tidak harus berdiam diri dan melepaskan tanggung jawabnya seperti saat ini. Padahal, saat awal menjabat Ketua bersama pengurus yang lain tentu dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang harus dituntaskan hingga terbentuknya kepengurusan yang baru.

"Kan sayang KNPI Kota Bima, sebagai wadah ekspresi pemuda namun dibiarkan sengaja mati suri seperti ini. Di tengah, komitmen DPD I KNPI NTB yang akan segera menentukan caretaker yang ditunggu sudah seminggu tak ada kabar beritanya lagi," tandas dia.

Ia berharap, pengurus KNPI Kota Bima bisa menyelesaikan tanggung jawabnya memberikan laporan pertanggungjawabannya maupun sudah terbentuknya pengurus DPD II KNPI Kota Bima menjelang perayaan HUT RI tanggal 17 Agustus 2018 nanti.

"Semoga menjelang perayaan HUT RI. Pengurus yang baru untuk DPD II KNPI Kota Bima sudah terbentuk dan semangat berekspresi pemuda kota bima dapat disalurkan melalui wadah KNPI nantinya," tuturnya.

Di sisi lain, Ketua DPD I KNPI NTB dan juga Ketua DPD II KNPI Kota Bima, masih dalam upaya konfirmasi dalam tanggapan pemberitaan atas upaya penyehatan kondisi organisasi kepemudaan di Kota Bima ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item