Cegah Selundup Lobster, Ratusan Alat Tangkap Dimusnahkan

 Badan Karantina dan Pengendali Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Bima - Dompu, NTB bersama Balai Konservasi Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan DKP Kabupaten Dompu, melakukan pemusnahan pocongan laut atau alat tangkap benih lobster di Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Senin (02/07/18). METROMINI/Azhar
KABUPATEN DOMPU - Badan Karantina dan Pengendali Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Bima - Dompu, NTB bersama Balai Konservasi Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB dan DKP Kabupaten Dompu, melakukan pemusnahan pocongan laut atau alat tangkap benih lobster di Desa Hu'u, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Senin (02/07/18). Dalam kegiatan tersebut hadir juga kapoksek Hu'u dan Danramil Hu'u.

Menurut Kepala BKIPM Bima-Dompu,  Ridwan mengatakan, sebanyak 120 alat tangkap benih lobster dimusnahkan dengan cara dibakar di pinggir Pantai Desa Hu'u.  Pocongan laut tersebut merupakan hasil penyitaan petugas DKP dari nelayan di Kecamatan Hu'u. Selain itu, ada juga nelayan yang menyerahkan langsung pada petugas secara sukarela.

"Apa yang kita lakukan hari ini semata mata untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat, sebenarnya menangkap benih lobster itu sangat dilarang karena efeknya akan mempengaruhi ketersediaan lobster di perairan indonesia. Oleh karena itu ini suatu langkah kita supaya masyarakat bisa sadar," terang Ridwan, Senin, 2 Juli 2018.

Ridwan menjelaskan alat tangkap benih lobster ini diserahkan langsung secara sukarela oleh masyarakat. Karena memang sosialisasi sudah sangat intens dilakukan, terutama dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu.

"Kami selalu mensosialusasikan bahkan pada tahun 2017 ada yang diperkarakan. Jadi, alhamdulillah masyarakat ada yang sadar bahkan hanya ada beberapa saja yang berat menyerahkan tetapi setelah diajak untuk berdiskusi mereka mau menyerahkannya. Kalau gak salah ada 30 orang pemilik alat tangkap dan sekitar seratusan lebih alat tangkap yang bisa kita musnahkan," tuturnya,

Ia menambahkan, pemusnahan ini disaksikan langsung oleh warga Desa Hu'u. Hal itu dilakukan sekaligus untuk mensosialisasikan tentang larangan menangkap benih lobster, sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Kelautan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016. (RED | ADV)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item