DPMDes: Uang ADD 2017 Pemdes Labuan Kenanga Sisa Rp90 Juta Lebih

El Faisal, salah seorang Kepala Bidang (Kabid) di Kantor DPMDes Kabupaten Bima. METROMINI/Dok 
KABUPATEN BIMA - Pengakuan Kepala Desa Labuan Kenanga, Kecamatan Tambora, Kabupaten  Bima yang terkuak dengan mangkraknya proyek embung senilai Rp500 juta. Pengakuan Kades yang menjadi faktor masalah proyek embung tersebut lantaran tidak dicairkan Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Labuan Kananga tahun 2017 lalu sekitar Rp135 juta ditanggapi oleh salah satu Kepala Bidang (Kabid) di Kantor DPMDes Kabupaten Bima, El Faisal, Senin, 15 Juli 2018.


El Faisal mengatakan, sisa angggaran ADD tahun 2017 untuk Desa Labuan Kananga bukan sebesar Rp135 juta, melainkan tersisa tinggal Rp90 tuta lebih. Sisa anggaran itu sudah diperuntukkan buat anggaran BPJS, Tunjangan BPD, RT dan Rw untuk bulan November dan Desember yaitu sebesar Rp36 juta.

"Sisa dana  ADD 2017 untuk Desa Labuan Kenanga sebesar Rp96.407.327," sebut Faisal, di ruang kerjanya, kemarin. 

Ia mengaku, dari hasil koordinasi pihak DPMdes dengan BPPKAD Kabupaten Bima, uang ADD sisa untuk Desa Labuan Kananga Tahun 2017 belum dicairkan ke rekening Pemdes. Dan dari hasil koordinasi tersebut, kata Faisal, pihak DMPDes disarankan untuk mengajukan surat secara resmi agar bisa dialokasikan pada APBD Tahun 2018.

"Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak BPPKAD, sejumlah anggaran sisa yang belum disalurkan ke rekening kas Desa Labuan Kananga, diminta untuk dibuat surat resmi oleh DPMDes. Agar uang itu dapat dialokasikan kembali dalam APBD Perubahan Tahun 2018," katanya.

Faisal menegaskan,  sisa anggaran ADD Desa Labuan Kananga bukan ditahan Oleh DPMDes,  tapi pihak Pemdes Labuan Kananga belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban belanja dari penggungaan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017 hingga saat ini.

"Uang ADD yang tersisa di tahun anggaran 2017 bukan ditahan oleh DPMDes. Tapi sampai dengan hari terakhir anfrah belanja tahun anggaran 2017 yang lalu, Kepala Desa bersama Sekdes dan Bendahara Desanya tidak datang membawa dokumen anfrah belanja desa dengan sumber dana dari ADD dimaksud," tutupnya. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item