H. Qurais dan H. Man Disinyalir Keluar dengan Masing-masing Dua Mobil Dinas Hasil Pelelangan

"Sekda: EA 1 dan EA 2 Sudah Dilelang Sejak Awal Tahun"


Ilustrasi mobil dinas Toyota-Harrier yang biasa digunakan Wali Kota Bima (H. Qurais) yang telah dilelang sejak awal tahun 2018 lalu dan kini menjadi milik H. Qurais. GOOGLE/Image
KOTA BIMA - Kurang dari seminggu, masa jabatan Wali Kota Bima, H. Qurais H. Abidin dan Wakil Wali Kota Bima, H. A. Rahman H. Abidin akan berakhir atau purna tugas.  Namun, beberapa persoalan soal asset milik Pemerintah Kota Bima pun diungkap seorang sumber media ini, sebut saja namanya Fulan. 

Kata Fulan yang juga seorang tokoh di Bima itu mengungkapkan, kabarnya, usai purna tugas dari jabatan Wali dan Wakil Wali Kota Bima yang masih berstatus kakak dan adik itu, baik H. Qurais maupun H. Man akan keluar dengan masing-masing mendapatkan dua mobil dinas (mondin). 

Ia menyebutkan, saat ini ada dua mobil di kediaman Wali Kota Bima yang kabarnya sudah dilelang dan didapat oleh H. Qurais yaitu mobil Fortuner (EA 55 S) dan mobil Toyota Harrier yang digunakan sebelumnya oleh Wali Kota Bima sebagai kendaraan dinasnya. Fulan menambahkan, sementara dua mobil yang didapat oleh Wakil Wali Kota Bima adalah dua mobil dians yang pernah dipakainya saat menjabat, yaitu mobil Nissan X-Trail dan kabar terbarunya yang sudah dilelang adalah mobil Mitsubishi-Strada, 

"Lepas jabatan baik Pak Wali dan Pak Wakil akan keluar dengan masing-masing dua mobil dinas yang sudah dilelang. Kabar yang kami dengar, H. Qurais keluar dengan mobil Fortuner yang sering dipakai oleh PKK dan mobil Harrier yang dipakai oleh beliau saat menjabat. Sementara adiknya H, Man juga sudah mengantongi dua mobil hasil pelelangan. Satu mobil jenis Nissan X-Trail dan yang satunya merk Mitsubishi Strada, dan kalau bisa konfirmasi ke Bidang Asset di BPKAD Kota Bima untuk jelasnya," ucap Fulan via ponselnya, Rabu (18/7/2018) semalam. 

Fulan mengatakan, selain mobil yang sudah dilelang, ada juga beberapa asset yang perlu di perjelas oleh pihak Pemerintah Kota Bima seperti motor X-trail, barang-barang elektronik dan atau asset milik pemkot bima yang tinggal di kediaman Wali maupun Wakil Wali Kota yang harus diperjelas status hukum dan keadaannya. 

"Asset-asset lain seperti motor x-trail, barang elektronik maupun benda lain yang masih milik pemerintah kota bima agar segera dirapikan menjelang akhir masa jabatan kepala daerag dan wakilnya yang tinggal seminggu lagi. Apalagi, kesan melelang mobil yang tidak dilakukan secara terbuka, dikuatirkan adanya asset-asset lain milik pemerintah yang akan kececer nantinya," tandasnya.

Selain itu, sambung Fulan, ada informasi yang diendusnya bahwa ditemukan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK soal pembiayaan pengobatan anaknya Wali Kota Bima yang sakit hingga ke Singapura yang dibebankan ke APBD Kota Bima.

"Informasi yang kami dapatnya, LHP atau temuan BPK soal pembiayaan pengobatan anaknya H, Qurais sampai dengan Rp700 juta. Dan ini perlu dikonifirmasi ke Inspektorat dan juga bagian keuangan di Pemkot Bima," pungkasnya.

Selain itu, ada ketimpangan yang terjadi dengan peruntukkan asset pemkot sebagai penghargaan atas purna tugas seorang pejabat daerah. Saat pejabat di pihak eksekutif bisa keluar dengan dua mobil hasil pelelangan, namun bagi mantan Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofyan, SH tak berlaku sama untuknya. Pasalnya, usai mengundurkan diri sebagai Ketua DPRD Kota Bima dan mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Bima bersama H. Lutfi dan alhamdulillahnya menang. Feri tak mendapat perlakuan yang setara seperti yang dirasakan H. Qurais dan H. Man.

"Kalau dilihat sebagai bentuk penghargaan atas purna tugas walau mendapatkan mobil hasil pelelangan. Kondisi yang miris dirasakan oleh mantan Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofyan. Jika H. Qurais dan H. Man masing-masing keluar dengan dua mobil, sementara Pak Feri tidak mendapatkan apa-apa," sorot dia.

Di sisi lainnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima Drs. H. Muhtar Landa membenarkan jika mobil dinas yang dulunya berplat merah dengan nomor polisi EA 1 S dan EA 2 S sudah dilakukan pelelangan dan dimiliki oleh H. Qurais dan H. Man saat ini. 

"Untuk mobil dinas yang biasa dipakal Wali Kota dan Wakil Wali Kota sudah dilelang. Mobil EA 1 dan EA 2 merupakan haknya sebagai pejabat negara dan semua sudah selesai proses lelangnnya," tulis Sekda via pesan elektorniknya, semalam. 

Sekda mengaku, pelelangan mobil EA 1 S dan EA 2 S sudah dilakukan sejak  awal tahun. Dan untuk tipe maupun jenis serta jumlahnya, Sekda mengaku tidah menghafalnya dan mengarahkan untuk mengkonfirmasi ke Bagian Asset di BPKAD Kota Bima. 

Sekda mengatakan, tentang asset-asset yang lain yang masih ada di kediaman Wali dan Wakil Wali Kota Bima, saat ini lagi didata dan diproses oleh Bagian Asset yang bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL),

"Untuk mobil dinas Pak Wali dan Pak Wakil sudah dilelang sejak awal tahun. Dan untuk asset yang lainnya yang ada di kediaman kedua pimpinan di Kota Bima itu masih didata oleh Bagian Asset yang bekerja sama dengan KPKNL Bima," jelas mantan Kepala BPKAD Kota Bima itu.

Dalam pendataan pihak KPKNL dan Bagian Asset, sambung Muhtar, pada setiap asset yang ada dan masih milik Pemkot Bima, akan dinilai apakah sudah waktunya untuk dihapus atau dilakukan pelelangan. 

"Semua pelelangan tergantung KPKNL nantinya, bukan Pemkot yang melelang. Dan ada pula mobil yang akan dilelang yaitu mobil CRV yang masih ada di belakang kantor yang digunakan oleh pejabat Sekda sebelum saya," tulis Sekda.

"Dan jika ada yang mau silahkan ke kantor KPKNL, namun kondisi mobilnya rusak berat akibat kerendam banjir akhir tahun 2016 lalu. Sementara, harga KPKNL cukup tinggi dan saat ini belum ada yang mau mengambilnya termasuk mantan Sekda yang pernah menggunakan mobil itu saat menjabat," tambah Sekda menutup penjelasannya kepada Metromini. 

Sementara itu, Wali Kota Bima atau H. Qurais maupun H. Man serta Kepala Bagian Asset BPKAD Kota Bima masih diupayakan untuk dikonfirmasi kembali terkait pemberitaan ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item