Hadirnya Warga Sumba Menuai Kesan Kumuh di Pasar Tente, Ini Tanggapan Kadus Sukamaju

Potret kehidupan wearga sumba di kawasan Pasar Tente, Kecamatan Woha Kabupaten Bima saat ini. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Seorang warga asal Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, sebut saja namanya Fulan (sumber enggan dituangkan namanya) mengatakan, keberadaan warga asal Pulau Sumba yang menjamur di kawasan Pasar Tente dan diduga dimanfaatkan untuk keuntungan oknum Kepala Dusun Sukamaju.

Kata dia, semakin hari semakin bertambah keberadaan warga Sumba di Pasar Tente. Diakuinya, kehadiran warga sumba tersebut, dimanfaatkan untuk kampanye. Saat ini, mereka menginap di Pasar dan kos-kosan milik Kadus Sukamaju dan di kos lainnya, bahkan ada yang dibuatkan Kartu Domisili dengan membayar sejumlah uang ke desa.

Menurutnya, keberadaan mereka sudah sangat meresahkan. Selain itu, Kadus Sukamaju mengkapling hampir separuh los pasar di Tente untuk dijadikan tempat tinggal warga Asal Sumba. Kesan kumuh di Pasar Tente pun merebak. 

"Selain itu ada indikasi warga-warga Sumba ini meminjam uang kredit di Kepala Dusun. Dan hal ini sudah disampaikan warga ke Kepala Desa akan tetapi tidak pernah di respon oleh Kades Tente," pungkasnya. 

Ia menambahkan, tukang parkir di 6 titik di Kampung Toko saat ini sudah dikelola oleh warga Sumba, "Entah uang setorannya di bayar ke instansi mana?," sahut Fulan, Mnggu, 1 Juli 2018 lalu.


Sementara itu, via ponselnya yang dihubungi Pewarta Metromini, Kadus Sukamaju, SD membantah semua yang disampaikan sumber berita. Kata SD, warga Sumba yang ada di pasar tente merupakan pendatang murni yang menggantungkan hidupnya di wilayah tente saat ini.

Diakuinya, adanya laporan warga ini diduga terkait dengan terungkapnya kasus pencurian yang dilakukan warga sumba. Dan kata Kadus, kejadian itu murni  kriminal saja, tidak ada hubungan dengan yang lain. 

"Tidak benar kalau saya memanfaatkan kedatangan warga sumba untuk keuntungan pribadi. Dan kehadiran mereka yang menempati los pasar itu tidak ada. Mereka tinggal di pekarangan belakang dan juga ada yang tiggal di kos-kosan warga di Desa Tente ini," tangkisnya, belum lama ini.

Sementara itu, terkait dengan sorotan terhadap Kades Tente, hingga berita dinaikkan masih dalam upaya untuk dikonfirmasi lebih lanjut. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item