Harga Rp6 Ribu per Kilogram Pasca Panen, Petani Bawang Merah Meradang

Ilustrasi petani saat merapikan bawang merah pasca panen. GOOGLE/Image
KABUPATEN BIMA - Pada musim tanam di bulan Juli 2017, komoditas bawang merah usai panen kali ini dalam kualitas yang baik. Namun harga jual yang diterima petani sangat rendah sekali saat dibeli oleh tengkulak. Saat ini, para petani bawang merah di Kabupaten Bima tengah menjerit lantaran hasil panen mereka yang melimpah, namun tak memberikan jaminan harga yang mensejahterakan. Pasalnya, harga bawang merah di Kabupaten Bima saat ini berkisar diharga Rp6 hingga 7 ribu per kilogramnya. 

"Tentu saja harga bawang merah saat ini anjlok sekali dari nilai harga jual yang sebelumnya mencapai Rp20 ribu bahkan Rp21 ribu per kilogramnya," ucap Ainul Makbud, petani asal Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Rabu, 11 Juli 2018.

Kata Ainul, hasil panen yang melimpah sekarang tak bisa menyejahterakan petani. Diakuinya, di tengah biaya produksi yang dikeluarkan petani yang cukup tinggi, ditambah hitungan pengeluaran untuk biaya produksi seperti biaya pupuk, bibit, dan pengendali hama. Tentunya, kata dia, harga bawang merah sekarang tidak memberi keuntungan terhadap petani. 

"Akibatnya, banyak petani yang memilih menyimpan hasil panennya dengan harapan harga kembali tinggi di kemudian hari, Namun ada juga petani yang terpaksa menjual dengan harga yang sangat murah untuk menutup biaya operasional di tengah harga pupuk dan bibit yang harus dibayar karena hutang sebelumnya," ungkapnya.

Tambahnya, petani merugi lantaran modal yang dikeluarkan sangat besar. Saat menanam, harga bibit bawang saja mencapai Rp17 hingga 18 ribu per kilogram. Namun, di tengah modal yang tinggi dikeluarkan, namun harga jualnya sangat rendah.

"Kondisi ini mencekik petani bawang tentunya," cetus dia.

Ia menambahkan, kepada pemerintah daerah maupuan pemerintah pusat untuk dapat ikut berperan dalam menangani masalah anjloknya harga bawag pasca panen yang sering dialami oleh petani saat ini. 

"Pemerintah jangan hanya berperan saat harga bawang naik saja. Peranan penting dari Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, anggota DPD maupun anggota DPR RI yang ada di Komisi IV serta kepada Pemkab Bima sangat diharapkan agar memperhatikan masalah harga bawang merah yang sering anjlok pasca panen," tutur Makbud, mantan Pengurus HMI MPO Cabang Bima itu. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item