Kekeringan di Sanolo-Sondosia Ratusan Hektar Tanaman Padi Jadi Pakan Ternak

Tanaman padi pada rausan hektar lahan pertanian yang ada di Desa Sanolo dan Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima alami gagal panen. METROMINI/Azhar
KABUPATEN BIMA -  Seorang petani asal Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima Bambang mengaku, skibat kekeringan yang melanda sejak dua bulan terakhir, saat ini, ratusan hektare tanaman padi alami gagal panen di Desa Sanolo dan Desa Sondosia, Kecamatan Bolo. Diakuinya, saat ini para petani asal dua desa tersebut mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai angka ratusan juta rupiah.

Bambang menjelaskan, kekeringan terjadi sejak awal masa tanam atau sekitar dua bulan yang lalu. Kata dia, musim kekeringan ini adalah yang terlama. Kekeringan melanda sejak umur padi masih dua minggu.

"Kekeringan saat ini terhitung yang terlama. Baru dua minggu tanam sudah mengalami kekeringan hingga sekarang. Apalagi, di kawasan lahan pertanian kondisi air pertanian yang dari bendungan tidak mengalir  sempurna. Sejauh ini, sumber lain yang diandalkan petani hanya dengan datangnya hujan saja," jelas Bambang, Rabu, 4 Juli 2018.

Senada dengan Bambang, warga Desa Sanolo, Arifin pun mengeluhkan kurang bagusnya sistem irigasi yang mengairi sawah di desanya yang berasal dari bendungan terdekat. Ia berharap kepada pemerintah ke depannya bisa memperbaiki irigasi air dari bendungan hingga bisa mengairi sawah mereka.

"Pemerintah sampai sejauh ini memang belum pernah mencoba untuk mengalirkan air dari bendungan ke kawasan pertanian yang ada di Sondosia dan Sanolo ini. Dan ke depanya, kami sangat berharap program mengairi kawasan pertanian di sini bisa diprogramkan oleh pemerintah. Sehingga ancaman dan kondisi kerugian yang cukup besar seperti saat ini, tak kami alami kembali," jelas Arifin.

Ia menambahkan, tanaman padi yang gagal panen ini, akhirnya dimanfaatkan untuk pakan ternak. Pantauan langsung media ini, tampak sejumlah petani terlihat memotong padi dari sawah yang kondisi tanahnya sudah retak untuk dijadikan pakan hewan peliharaan mereka seperti sapi dan kerbau. Bahkan, ada yang sengaja melepas hewan ternaknya di lahan pertanian tersebut. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item