Kendornya Tingkat Disiplin ASN di Pemkot, Sekda Jadwalkan Sidak Tiap OPD

Pintu kantor BPKAD Kota Bima yang dikunci di waktu kerja dan tak ada satu pun ASN yang bekerja, Rabu, 18 Juli 2018 siang tadi. METROMINI/Agus Gunawan
KOTA BIMA - Suasana di kantor Wali Kota Bima, di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Penatoi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima tak banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja. Padahal, Rabu, 18 Juli 2018 siang tadi bukanlah hari libur atau tak ada acara yang menyita waktu pelayanan bagi ASN. Terlihat pada beberapa ruanhan kantor di bangunan yang kerap disebut 'gedung putih' itu terlihat sepi tanpa aktivitas pelayanan sama sekali. 

Seperti Pantauan wartawan media ini, di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima yang pintu kantornya dalam keadaan terkunci dan tak ada pegawai sama sekali. Seorang ASN di Pemkot Bima, sebut saja namanya Fulan mengatakan, semangat ASN di kantor Pemkot Bima terlihat turun drastis tidak hanya di waktu siang atau usai istrirahat. Keadaan ASN di Pemkot Bima merosot tingkat disiplinnya terlihat saat apel pagi dan lebih miris saat apel pulang.

"Kondisi kendornya semangat ASN bekerja dan memberikan pelayanan di kantor Wali Kota Bima sudah terjadi pasca Pilkada lalu apalagi setelah mengetahui Wali Kota Bima yang mengundurkan diri," ucap Fulan, Rabu, 18 Juli 2018.


Kata dia, keadaan ASN saat ini sangat terpengaruh dengan kosongnya kepemimpinan di kantor Wali Kota Bima. Selain itu, tingkat pengawasan pimpinan saat ini juga rendah. Terutama pimpinan yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memberi contoh kurang baik untuk keadaan saat ini.

"Lihat saja saat apel pagi, sudah sedikir ASN yang datang. Apalagi di saat apel pulang. Bisa dibilang hampir setengah pegawai di Pemkot sudah malas akibat kekosongan kepemimpinan pasca mengundurkan diri Wali Kota Bima. Memang ada Wakil  Wali Kota, namun kondisi diperparah dengan sikap Kepala OPD yang malas-malasan juga," terang ASN yang tak ingin dimuat namanya di media itu. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, Drs. H. Muhtar Landa yang dikonfirmasi terkait masalah ini mengatakan akan segera menentukan jadwal untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiap OPD yang ada di lingkup Pemkot Bima.

"Saya baru dari luar daerah sore tadi, Insha Allah kita akan jadwalkan untuk Sidak ke tiap OPD. Terima kasih atas informasinya," tulis Sekda via pesan WhatsApp miliknya, malam ini. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN BACALEG DPRD KOTA BIMA

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

Balon Anggota DPRD Kabupaten Bima

item