Pawai Budaya di Bolo, Bupati Imbau Media Publikasi Berita yang Berimbang

Jajaran Pimpinan Daerah di Kabupaten hadir di panggung utama saat menerima peserta pawai budaya. METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Memperingati Hari Jadi Kabupaten Bima ke 378 Tahun 2018 yang dipusatkan di Kecamatan Bolo dimeriahkan dengan kegiatan pawai budaya dari 18 Kecamatan, 191 Desa, puluhan OPD di Lingkup Pemkab Bima dan jajaran dari TNI/POLRI, Rabu (4/7/2018).

Pantauan Metromini, kegiatan yang cukup menarik perhatian masyarakat itu setidaknya menghadirkan sekitar puluhan ribu masyarakat yang ikut antusias dalam kegiatan itu. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi yang sama seperti tahun lalu, di momen Hari Jadi Bima tahun ini, puluhan wartawan yang bertugas di Bima baik media cetak/online dan reporter televisi juga ambil bagian untuk memeriahkan pawai ini.

Saat pawai budaya berlagsung, para peserta pawai di lepas dari dua arah yakni ada yang star dari arah timur dan ada juga yang dari atah barat. Kedua sisi yang berjalan berlawanan itu akhirnya sama-sama mendatangi finish yang diposkan di persimpangan Cabang Donggo tepatnya di kawasan Pasar Raya Sila, Kecamatan Bolo. Berbagai macam atribut yang digunakan ribuan peserta itu dan dominan yang digunakan adalah sarung dengan corak tenun khas bima yang dilengkapi dengan sambolo (topi adat bima).
\
Para jurnalis di Bima ikut acara Pawai Budaya di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. METRMOMINI/Agus Gunawnan
Pada acara akbar itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengatakan sangat merasa terharu dan  sangat berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bima yang sudah meluangkan waktu untuk memeriahkan HUT Kabupaten Bima ke-378.

"Kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bima yang sudah ikut memeriahkan acara perayaan Hari Jadi Kabupaten Bima ke-378 yang dipusatkan di Kecamatan Bolo,"  ujar Bupati yang dirilis pihak Bagian HumasPro setda Kabupaten Bima, Rabu, 4 Juli 2018.

Umi Dinda, biasa Bupati dipanggil, menamnbahkan bahwa dalam Hari Jadi Kabupaten Bima yang rutin kita lakukan setiap tahunnya harus menjadi wadah memperkuat ikatan antara masyarakat yang ada khususnya di Kecamtan Bolo. Bupati pun mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasinya terhadapa komponen TNI/Polri dan Insan Pers yang ikut memeriahkan acara pawai budaya ini.

"Kepada jajaran TNI/Polri dan rekan-rekan insan pers yang hadir di acara Pawai Budaya ini kami ucapkan rasa terima kash atas nama Pemerintah Kabupaten Bima. Dan khusus kepada rekan-rekan wartawan, agar selalu memberikan informasi dan berita-berita yang berimbang demi kemajuan Kabupaten Bima ke depannya," tandas Bupati.

Sementara itu, seorang jurnalis di Bima yang tak ingin dituangkan namanya mengatakan, agar Bupati meninjau kembali sistim kehumasan yang ada di OPD terkait. Sebab, beberapa kali dikonfirmasi saat  ingin meminta klarifikasi/konfirmasi berita untuk keberimbangannya tidak pernah bisa menanggapi secara responsif. Akhirnya, berita yang membuat citra miring pemerintah menjadi opini yang ditelah secara sepihak oleh pembaca.

"Ada beberapa berita yang saat tak bisa dikonfirmasi  di OPD tehnisnya, terpaksa ke bagian humas pemda. Dikonfirmasi ke pejabat terkait juga nihil dan tak mau memberikan tanggapanmya. Sehingga berita yang ditayangkan bukan tak  mau memenuhi unsur keberimbangan pemberitaan tapi manajemen dan SDM di kehumasan pemda kurang tanggap dalam menjawab persoalan keberimbangan pemberitaan,"  jelas wartawan yang juga pimpinan salah satu media online di Bima itu. (RED | ADV).

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item