Pria Tua Lumpuh 20 Tahun Viral di Sosmed, Respon TNI Cepat dan Peduli


Pak Abdul Hamid saat dievakuasi menggunakan ambiulance ke RSUD Bima. METROMINI/Dok 
KABUPATEN BIMA - Berkat unggahan di sosial media, respon anggota TNI Bima patut diapresiasi. Pasalnya, Jumat, 27 Juli 2018, atas Perintah Dandim 1608/Bima, personel Koramil-1608-04/Woha Dpp Danposramil Belo Serma Ibrahim bersama Unit Kesehatan Kodim-1608/Bima, UPT Kesehatan Palibelo dr. Syaiful, Kades Tonggorisa dan Anggota Pemuda Pancamarga melaksanakan evakuasi terhadap Abdul Hamid (63), warga Desa Tonggorisa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima yang mengalami sakit lumpuh selama 20 tahun.

Danposramil Belo Serma Ibrahim mengceritakan, pada hari Kamis, 26 Juli 2018 sore, ia bertandang ke rumah Pal Abdul Hamid. Saat ke sana, ia bersama dengan Babinsa Desa Tonggorisa Serda Hasan dan Babinsa Tente Sertu Faris serta Ketua PPM Ahmad Yani. 

"Kami melaksanakan Komsos dengan Pak Abdul Hamid tentang kondisi kesehatan yang bersangkutan. Saat itu Pak Abdul Hamid sedang berbaring di bale-bale," ungkapnya. 

Abdul Hamid (63), warga Desa Tonggorisa, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima yang mengalami sakit lumpuh selama 20 tahun. METROMINI/Dok 
Sehari setelah itu, sambung Ibrahim, setelah berkordiansi dengan berbagai pihak, Pak Abdul Hamid dievakuasi agar penyakitnya bisa ditangani secara media. Selama ini, Pak Abdul Hamid hanya menjalani pengobatan menggunakan cara tradisional.

"Dan semenjak viral di Media Sosial. Sudah ada bantuan dari berbagai pihak termasuk kunjungan Pejabat Kabupaten Bima, Dinas Sosial bahkan Ibu Ketua Bhayangkara Polda NTB. Dan dari Dinas Sosial pernah menawarkan kepada yang bersangkutan untuk ditangani secara medis bahkan biaya ditanggung oleh Pemkab. Bima," jelasnya. 

"Namun, Pak Abdul Hamid tidak berkenan dibawa dengan alasan sakit yang dideritanya sangat luar biasa jika badannya digerakkan," tambah Ibrahim.

Ia melanjutkan, kemungkinan Pak Abdul Hamid mengalami cedera Syaraf bagian punggung hingga ke pinggang. Sepanjang hari beliau selalu menahan sakit dan memegang erat tali bahkan sambil berteriak jika yang dirasa penyakitnya begitu membebaninya.

Pak Abdul Hamid saat dievakuasi menggunakan tandu dan akan dibawa ke RSUD Bima. METROMINI/Dok
Tak ayal, kata Ibrahim, Pak Abdul Hamid selama ini tidak memiliki KTP, Tapi nama beliau masuk dalam Kartu Keluarga, lengkap dengan Nomor Induk Kependudukannya. Dan selama sakit, beliau dirawat oleh dua orang anaknya secara bergantian.

"Dua orang anaknya yang selalu merawat beliau secara bergantian. Rumah yang ditempatinya adalah rumah panggung 9 tiang dan terlihat layak huni. Hanya saja, lingkungannya kurang sehat karena di bagian bawah rumah digunakan untuk beternak kambing hingga mengeluarkan bau yang menyengat," jelas dia.

Ia menambahkan, Pak Abdul Hamid dulunya berbaring di bagian dalam rumah, akan tetapi ketika terjadi gempa bumi tahun lalu, yang bersangkutan ketakutan hingga dibaringkan di serambi luar rumah. Kondisinya, beliau bisa menggerakkan kepala, berbicara normal, motorik tangan masih berfungsi sempurna. Namun, hanya bagian bawah pinggang yang tidak bisa digerakkan.

"Terkadang beliau sering berhalusinasi meracau di alam bawah sadar. Terkadang memaki seolah ada seseorang yang mencoba menabrakkan mobil ke dirinya dan ada yang ingin menindisnya dengan batang kayu," ujarnya. 

Kondisi Pak Abdul Hamid di RSUD Bima. METROMINI/Dok 
Ibrahim mengatakan, Pak Abdul Hamid pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantunya. Kepada Ibu Kapolda NTB, Dandim-1608/Bima, Kapolres Bima, Dinas Sosial Kabupaten Bima dan warga masyarakat yang telah membantunya.

Sumber lainnya, Babinsa Desa Tente Sertu Faris menyerahkan bantuan dari warga Desa Tente kepada Pak Abdul Hamid.  Ia pun berharap, pihak keluarga agar mau mengobati Pak Abdul Hamid secara medis dan membawanya ke RSUD Bima sembari selalu berkordinasi dengan Babinsa Tonggorisa Serda Hasan.

"Pihak keluarga Pak Abdul Hamid bersedia untuk merujuk beliau di RSUD Bima agar mendapatkan penanganan medis secara Layak. Saya pun sempat menjenguk beliau semalam dan alhamdulillah keadaanya sudah ditangani secara baik," tutup Iyek, sapaan akrab Babinsa Tente itu. (RED | ADV)

Post a Comment Komentar Umum

Iklan Ideal Karaoke

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

item