Tiga Nama Penjabat Wali Kota Bima Sudah Diusulkan ke Mendagri

Kepala Biro (Karo) Pemerintahan setda Provinsi NTB, Drs. H. Wirajaya Kusuma, MH. GOOGLE/www.suarantb.com
KOTA MATARAM - Menjelang berakhirnya masa jabatan Wali dan Wakil Wali Kota Bima (H. Qurais dan H. A. Rahman) pada tanggal 24 Juli 2018 mendatang. Sesuai aturan yang ada, posisi pimpinan pemerintahan di kantor Wali Kota Bima akan diganti oleh Penjabat Wali Kota sampai dengan pelantikan Wali dan Wakil Wali Kota Bima yang terpilih dari proses Pilkada tahun 2018 ini. 


Sesuai ketentuan tentang pemerintahan daerah, posisi Penjabat Kepela Daerah di Kabupaten/Kota merupakan kewenangan Gubernur. Setelah tanggal 24 Juli 2018, 3 calon pejabat Wali Kota yang tengah diproses namanya di Mendagri akan melakukan serah terima jabatan dengan H. Qurais,

Menurut Plt. Kabag HumasPro setda Kota Bima, Syahrial Nuryadin, SSTP, MH mengatakan, kendati Wali Kota Bima H. Qurais yang mengajukan permohonan pengunduran dirinya karena mengikuti proses Bakal Calon Legisalatif (Bacaleg) DPR RI Dapil Pulau Sumbawa. Diterangkannya pula, jabatan Wali Kota Bima sampai dengan tanggal 24 Juli 2018 nanti, masih diduduki oleh H. Qurais.

"Walaupun Wali Kota megajukan permohonan pengunduran diri ke Gubernur karena mau jadi Caleg DPR RI. Namun, pada serah terima jabatan masih dilakukan oleh Pak Wali dengan pejabat yang ditunjuk oleh Gubernur NTB sekitar tanggal 25 Juli 2018 yang kurang lebih tinggal sepekan lagi lamanya," jelas Syahrial, belum lama ini.


Di sisi lain, Kepala Biro (Karo) Pemerintahan setda Provinsi NTB, Drs. H. Wirajaya Kusuma, MH mengatakan, pada penentuan pejabat Wali Kota Bima yang akan menggantikan Wali Kota Bima yang sekarang, pihak Pemerintah Provinsi NTB suda mengajukan tiga nama ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). 

"Kami sudah usulkan tiga nama ke Mendagri termasuk nama Kepala Biro Pemerintahan setda Provinsi NTB," tulis Wirajaya melaui pesan WhatsApp, Rabu, 18 Juli 2018.

Dijelaskannya, saat ini Surat Keputusan (SK) dari Mendagri itu belum keluar. Setelah SK dari Mendagri keluar, barulah diketahui siapa pejabat Wali Kota Bima yang akan bertugas sampai dengan pelantikan Wali dan Wakil Wali Kota Bima terpilih yang rencananya akan dilantik pada bulan September 2018 nanti.

"Kami juga masih menunggu SK penetapan siapa yang akan jadi Pejabat Wali Kota Bima dari Mendagri. SK itu tentu akan dikeluarkan sebelum berakhirnya masa jabatan Wali dan Wakil Wali Kota Bima yang sekarang (tanggal 24 Juli 2018-red). Saat ini kami pun masih menunggu. Jika SK penetapan Penjabatnya sudah keluar tentu akan kami sosialisasikan nantinya," pungkass Wira. (RED)

Post a Comment Komentar Umum

emo-but-icon

IKLAN BACALEG DPRD KOTA BIMA

Berita Terbaru

Fans Page Metromini

Iklan Ideal Karaoke

Balon Anggota DPRD Kabupaten Bima

item